Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone XS dan iPhone XS Max Resmi Meluncur, Ini Fitur Unggulannya

Kompas.com - 13/09/2018, 01:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah ramai menjadi rumor di ranah maya, iPhone XS (dibaca iPhone Ten S) dan iPhone XS Max (iPhone Ten S Max) akhirnya resmi diperkenalkan pada hari ini, Kamis (13/9/2018) dinihari WIB atau Rabu (12/9/2018) pagi waktu California, dalam sebuah gelaran bertajuk “Gather Round”.

Dari video yang dipamerkan, iPhone XS dan XS Max tampak elegan dengan balutan stainless steel kokoh atau diistilahkan “surgical-grade”. Bagian depannya dibalut kaca yang diklaim paling tahan banting dibandingkan semua smartphone di pasaran saat ini.

IP68

iPhone XS dan XS Max tersedia dalam tiga warna, yakni emas, silver, dan abu-abu. Salah satu peningkatan dari seri sebelumnya adalah sertifikasi anti-air dan anti-debu yang meningkat menjadi IP68.

“Artinya pengguna bisa menenggelamkan iPhone XS ke air berkedalaman dua meter selama tiga menit,” kata Senior VP Marketing Apple, Philip Schiller, di atas panggung peluncuran Steve Jobs Theatre, Amerika Serikat.

Philip Schiler sesumbar berbagai cairan telah disemburkan ke iPhone XS dan ponsel itu tetap berfungsi. Bahkan, ketika ketumpahan bir, pengguna diklaim tak perlu khawatir.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

iPhone XS hadir dalam dua varian ukuran layar, yakni regular dan Max. Keduanya mengusung desain bezel-less seperti iPhone X, tetapi yang membedakan adalah ukuran layar.

Audio Visual Ciamik

iPhone XS berukuran layar 5,8 inci, sedangkan iPhone XS Max memiliki layar lebih besar dengan ukuran 6,5 inci. Kendati begitu, kualitas layarnya sama-sama kelas wahid dengan teknologi Dolby Vision dan HDR10.

iPhone XS dan iPhone XS MaxIstimewa iPhone XS dan iPhone XS Max
iPhone XS dan XS Max mengusung layar Super Retina berjenis OLED dengan kerapatan 458 ppi. Layar iPhone XS beresolusi 2.436 x 1.125 piksel dengan kerapatan 458 ppi, sementara layar iPhone XS Max beresolusi 2.688 x 1.242 piksel.

Selain soal visual, aspek audio juga dipikirkan secara matang. iPhone XS dan XS Max memakai teknologi speaker stereo, sehingga tak perlu lagi menghubungkan ponsel dengan speaker portabel.

Prosesor A12 Bionic

Dari segi performa, iPhone XS dan XS Max meningkat signidikan dengan mengandalkan prosesor A12 Bionic. Prosesor tersebut adalah yang pertama menggunakan chip 7nm dengan 6,9 miliar transistor.

Prosesor iPhone XZistimewa Prosesor iPhone XZ
Jika dijabarkan, dalam satu prosesor terdapat 4-core GPU, 6-core CPU, dan Neural Engine. Tiap core CPU A12 diklaim mampu menjalankan program 15 persen lebih cepat ketimbang A11, sementara GPU-nya 50 persen lebih baik.

Spesifikasi ini mendukung fitur-fitur pada sistem operasi iOS 12 yang banyak berkutat pada implementasi Augmented Reality (AR), Machine Learning (ML), Memoji, serta penggunaan asisten digital Siri.

Baca juga: iPhone XR Resmi Meluncur, Layar Besar Harga Murah

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com