Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Tak Lagi Beri Bonus Adaptor Earphone di iPhone Terbaru

Kompas.com - 14/09/2018, 14:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Sejak merilis iPhone 7 pada 2016 lalu, Apple memutuskan menghapus jack audio 3,5 mm yang biasa dicolok untuk earphone. Sebagai gantinya, Apple melengkapi kotak kemasan iPhone dengan adaptor Lightning (USB-C) ke jack 3,5 mm.

Kini, praktik tersebut tak lagi berlaku. Apple berhenti memanjakan pengguna dengan adaptor Lightning ke jack 3,5 mm di trio iPhone anyar, yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Pada seksi spesifikasi “In the Box” iPhone XS, XS Max, dan XR, adaptor Lightning ke jack 3,5 mm tak tertera. Alih-alih demikian, kotak kemasan trio iPhone bakal dilengkapi beberapa aksesori lain.

Masing-masing adalah EarPods dengan konektor Lightning, adaptor USB Power, serta kabel Lightning untuk charger dan data, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (14/9/2018), dari MacRumors.

Baca juga: Mengenal Teknologi e-SIM pada iPhone XS dan XS Max

Alasan Apple memberantas jack audio 3,5 mm sebenarnya sederhana, yakni untuk desain tipis yang lebih apik dan ringkas di tangan. Keputusan ini memicu kontroversi, di mana banyak yang setuju dan tak sedikit pula yang menentang.

Terlepas dari pro kontra tersebut, Apple sudah bulat dengan keputusannya. Pabrikan Cupertino tersebut menjadikan Lightning sebagai satu-satunya port multifungsi untuk menghubungkan elemen eksternal ke iPhone.

Namun, Apple juga sadar banyak yang masih nyaman dengan jack earphone 3,5 mm. Karenanya, meski tak menyediakan secara cuma-cuma, Apple menjual adaptor Lightning (USB C) ke jack 3,5 mm secara terpisah. Pengguna bisa membelinya dengan harga 9 dollar AS atau sekitar Rp 129.000. Berminat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com