Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran Nokia 9 Ditunda hingga Tahun Depan?

Kompas.com - 18/09/2018, 16:27 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Uber Gizmo

KOMPAS.com - Rumor peluncuran flagship Nokia 9 memang sudah lama terdengar. Nokia 9 sempat disebut meluncur tanggal 21 Agustus lalu, namun hingga hari ini, belum nampak batang hidungnya.

Kabar terbaru justru menyebut HMD Global, selaku pemegang lisensi Nokia disebut akan menunda debut Nokia 9 hingga tahun depan. Sumber dalam menyebut keputusan ini seolah mengulang riwayat Nokia 8 Sirocco.

Ia menyebut, flagship itu sejatinya meluncur pada tahun 2017, namun akhirnya mundur tahun berikutnya yang dibarengkan dengan agenda Mobile World Congrees 2018, di Barcelona.

Alasanya, menurut Chief Production Officer Nokia, Juho Sarvikas, Nokia 8 Sirocco kala itu belum siap dilepas. Mobile World Congress 2019 juga disebut akan menjadi momentum peluncuran Nokia 9 tahun depan.

Baca juga: Nokia 9 dengan Lima Kamera Belakang Semakin Jelas

Nokia 9 diperkirakan masih akan mengandalkan chipset Snapdragon 845 untuk bersaing di segmen flagship. Rumor soal penta-lens atau lima lensa kamera di Nokia 9 juga diklaim telah dikembangkan sejak awal tahun lalu.

Dilaporkan Uber Gizmo yang dirangkum KompasTekno, Selasa (18/9/2018), pengembangan lima kamera yang memakan waktu cukup lama ditambah penundaan peluncuran Nokia 9, kabarnya memicu kemarahan karyawan HMD Global.

Mereka yang telah menggarap perangkat tersebut sejak lama dan menyukai konsep unik lima kamera, merasa jika konsep tersebut berkeja dengan baik di model purwarupa. Artinya, flagship ini seharusnya sudah siap diperkenalkan tahun ini.

Beberapa karyawan dikatakan sengaja mengumbar konsep ponsel lima lensa kamera yang beredar di dunia maya akhir-akhir ini sebagai bentuk aksi protes.

Memang, HMD Global tidak mengonfirmasi hal ini secara resmi maupun menolaknya, namun sepertinya alasan tersebut cukup masuk akal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Uber Gizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com