Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Blokir Twitch, Streaming Game yang Meroket saat Asian Games 2018

Kompas.com - 21/09/2018, 13:34 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pemerintah China kembali melakukan pemblokiran pada situs asing. Kali ini situs layanan populer streaming game, Twitch, dilaporkan tak dapat diakses dan hilang dari toko aplikasi.

Hal tersebut dilaporkan sebagian pengguna yang mengeluh kesulitan membuka halaman Twitch sejak Senin kemarin.

Padahal bulan lalu, Twitch menjadi salah satu aplikasi terpopuler dan bertengger di peringkat 3 sebagai yang paling banyak diunduh di China.

Keluhan ini baru dirasakan oleh pengguna di sejumlah wilayah tertentu, sedangkan sebagian lainnya mengaku masih bisa mengakses Twitch meski kecepatannya sangat lamban. Artinya, proses pemblokiran Twitch masih belum merata dan baru dilakukan di wilayah tertentu.

"Mengapa saya tidak bisa terhubung di wilayah Liaoning?" ungkap salah satu pengguna di situs Weibo.

"Saya masih bisa menonton di Chanchun," timpal pengguna lainnya.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (21/9/2018), pemblokiran Twitch dilakukan seiring dengan meningkatnya popularitas layanan ini di China. Popularitas layanan ini terdongkrak sejak digelarnya Asian Games yang baru saja usai beberapa waktu lalu.

Para pengguna mulai mengunduh dan menginstal aplikasi untuk menonton pertandingan eksibisi e-Sports yang dihelat di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Baca juga: E-sport Dipertandingkan di Asian Games, Selanjutnya Olimpiade?

Pemerintah China memang memilih tidak menayangkan turnamen eksibisi ini di channel televisi nasional sehingga Twitch menjadi alternatif untuk menontonnya.

Perusahaan analisis Sensor Tower pun membenarkan hal ini. Pada akhir Agustus lalu, jumlah unduhan aplikasi Twitch naik 23 kali lebih tinggi dari minggu sebelumnya. Namun sekarang aplikasi tersebut sudah hilang dan dicabut dari toko aplikasi di China.

Pemerintah China sendiri memang dikenal ketat dalam mengatur penggunaan internet oleh para penduduknya. Sejauh ini China telah memblokir sejumlah situs asing populer, seperti Facebook, Google, dan Twitter secara permanen.

Layanan Twitch yang dimiliki Amazon ini memang tengah mencatat peningkatan besar dibandingkan tahun lalu. Terutama ketika game Fortnite mulai digandrungi dan semakin populer.

Ditambah keberadaan gamer Tyler "Ninja" Belvins yang memiliki banyak penggemar membuat Twitch semakin digandrungi oleh para pecinta game.

Baca juga: 6 Pilihan Profesi di Industri E-Sport yang Bisa Dilirik Milenial

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com