Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tagar di Instagram Bakal Disembunyikan?

Kompas.com - 21/09/2018, 16:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Instagram kerap menyematkan tanda pagar (hashtag) tertentu pada keterangan (caption) foto atau video. Tujuannya agar konten mereka bisa ditengok oleh khalayak luas yang tengah menelusuri hashtag serupa.

Namun, hashtag yang berlebihan bisa jadi menyebalkan bagi orang lain karena mengganggu estetika ketika membaca caption. Hal ini agaknya disadari Instagram dan hendak menghadirkan solusi.

Instagram tengah menguji coba tool yang memisahkan hashtag dari caption. Pengguna bisa menyematkan hashtag sebanyak-banyaknya tanpa harus mengganggu caption karena sifatnya tersembunyi.

Hal ini terendus oleh peneliti teknologi, Jane Manchun Wong. Ia menemukan kode yang mengarahkan ke beberapa fitur pengembangan Instagram, salah satunya pemisahan hashtag.

Jane Manchun Wong pun mengumbarnya ke Twitter. Ia memperlihatkan antarmuka tool baru tersebut bertajuk “Add Hashtag”. Pengguna cukup membukanya dan memilih hashtag yang pas dengan foto atau video.

Baca juga: Bertukar Pesan Lewat DM Instagram Sudah Bisa Pakai GIF

Selanjutnya, ketika membagikan konten ke Instagram, yang tampil cuma foto atau video beserta caption, serta lokasi jika diaktifkan. Hashtag akan tersembunyi dari postingan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (21/9/2018), dari DigitalTrends.

Selain pemisahan hashtag dari caption, fitur lain yang terendus adalah “Geofencing”. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih negara atau wilayah mana saja yang bisa mengakses kontennya di Stories maupun linimasa (Feed).

Pengembangan tool ini belum dikonfirmasi oleh Instagram, sehingga belum bisa dipercaya sepenuhnya. Kita tunggu saja hingga tool pemisahan hashtag ini benar-benar diresmikan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com