Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ponsel Layar Tekuk Samsung Tidak Pakai Gorilla Glass?

Kompas.com - 22/09/2018, 14:20 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisa dibilang, ponsel layar tekuk Samsung menjadi yang paling ramai dirumorkan beberapa beberapa tahun belakangan.

Samsung masih mengejar ambisi untuk menjadi vendor pertama yang meluncurkan inovasi tersebut.

Kabarnya, detil informasi soal smartphone yang akan mengusung lini Galaxy F itu, bakal diumumkan di ajang Samsung Developer Conference, 28 November mendatang.

Namun seperti biasa, beberapa bocoran lebih dulu meramaikan ranah maya sebelum peresmian. Paling baru, ponsel layar lipat Samsung disebut tidak akan dilindungi Gorilla Glass, yang umum melindungi layar smartphone dari goresan atau benturan dengan benda tumpul.

Absennya Gorilla Glass dikarenakan beberapa alasan, termasuk keterbatasan teknologi.

Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Sabtu (22/9/2018), alasan tidak dipakainya Gorilla Glass karena sifatnya yang kaku, tidak mendukung fleksibilitas dari si ponsel lipat.

Namun bukan berarti tanpa perlindungan, Samsung kabarnya akan tetap melapisi layar dengan pelindung layar khusus buatan perusahaan Jepang, Sumimoto Chemical.

Komponen yang dimaksud adalah poliamida transparan, yang disebut tidak terlalu kuat dibanding Gorilla Glass, namun memiliki kelenturan lebih baik.

Dengan demikian, Corning akan melewatkan kesempatan untuk ikut mencetak sejarah ponsel lipat pertama dunia bersama Samsung.

Baca juga: Ponsel Layar Tekuk Samsung Diumumkan Tahun Ini

Meski begitu, Corning dikabarkan mulai mengembangkan pelindung untuk memenuhi kebutuhan produksi layar tekuk, yang diramalkan akan ditelurkan beberapa vendor, seperti Oppo, LG, dan Huawei.

Belum ada penjelasan resmi dari Samsung mengenai hal ini. Namun gosipnya, ponsel lipat Samsung atau Galaxy F, akan diluncurkan tahun depan. Sebab beberapa vendor juga mendeklarasikam tengah menyiapkan produk yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com