Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kilas Balik OS Android yang Hari Ini Berulang Tahun ke-10

Kompas.com - 24/09/2018, 14:12 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tepat tanggal 23 September kemarin, sistem operasi besutan Google, Android genap berusia 10 tahun. Saat pertama kali dirilis, HTC Dream atau yang di pasar AS dipasarkan dengan nama T-Mobile G1, menjadi perangkat pertama yang menjalankan OS bernuansa hijau itu, pada 2008 silam.

Seperti tren model ponsel kala itu, HTC Dream masih dibekali tombol fisik QWERTY geser (slider) dengan trackball yang diapit tombol home dan kembali (back). HTC Dream adalah perangkat uji coba OS Android versi 1.1 dan menjadi perangkat Android prtama yang dikomersilkan.

Ponsel tersebut dirilis pada 22 Oktober dengan harga 179 dollar AS kala itu. Android versi 1.1 masih jauh dari sempurna. Fiturnya pun belum sekaya fitur Android saat ini. Seperti tidak adanya video player bawaan atau keyboard QWERTY virtual.

Belum ada Buletooth stereo, dan toko aplikasi Android saat itu masih bernama Android Market, sebelum berganti nama menjadi Google Play Store.

Baca juga: Menerka Kudapan Berawalan Q untuk Nama Android 10

Namun dibanding pesaingnya, iOS, Android menawarkan kustomisasi yang tidak tersedia di Apple iPhone 3G waktu itu. Eksistensi Android berlanjut di generasi kedua bersama operator seluler Verizon, yang meluncurkan Motorola DROID pada 5 November 2009.

Ponsel Android Pertama, HTC Dream atau T-Mobile G1 (kanan) dan program Nexus Google (kiri).Phone Arena Ponsel Android Pertama, HTC Dream atau T-Mobile G1 (kanan) dan program Nexus Google (kiri).

 

Dalam pemasarannya, Verizon dan Motorola bekerja sama untuk mengampanyekan iklan "DROID Does" yang mencakup jargon "iDon't, DROID Does".

Fitur Android semakin bertambah di genarasi kedua. Andorid 2.2 Froyo menjadi versi Android pertama yang mendukung fitur Adobe Flash.

Dengan dukungan tersebut, Google berharap selangkah lebih maju dibanding perangkat iPhone. Meski akhirnya, Adobe Flash menjadi bencana bagi pengguna Android. Banyak pengguna yang mengeluh jika Adobe Flash menguras daya dan sering membuat lag.

Cikal Bakal Program Android Murni

Kesuksesan Android berlanjut dengan Google yang merilis Nexus One. Peluncuran ini juga mengawali program Nexus Google yang digulirkan tahun 2010. Program tersebut adalah kolaborasi antara Google dan manufaktur smartphone populer, di mana perangkatnya akan didukung Android murni.

Itu artinya, perangkat tersebut akan menjadi lini pertama yang akan kebagian update versi Android. Strategi ini cukup mujur bagi Android, di mana mulai banyak vendor yang mengadopsi OS tersebut.

Baca juga: Google Umumkan Android 9 Pie Go Edition

Nexus OneGoogle Nexus One
Setiap kali update meluncur, vendor wajib menguji coba pembaruan di handset-nya.
Hal inilah yang sampai hari ini menjadi fragmentasi di ekosistem Android, yang versi terbarunya, baru bisa dinikmati kurang dari 1 persen ponsel Android di awal peluncuran.

Halaman berikutnya: Mulai populer...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com