Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy P30 Jadi Ponsel Pertama Samsung dengan Sensor Sidik Jari di Layar?

Kompas.com - 26/09/2018, 07:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi sensor pemindai sidik jari dalam layar (in-display fingerprint) mulai banyak diadopsi ponsel-ponsel kelas menengah ke atas, khususnya ponsel pabrikan China. Tidak ingin ketinggalan, Samsung dikabarkan akan ikut mengadopsi teknologi tersebut.

Handset edisi spesial ulang tahun Galaxy atau yang digadang akan bernama Galaxy S10, disebut akan menjadi ponsel Samsung pertama yanng dibekali in-display fingerprint.

Namun kabar terbaru justru menyebut teknologi itu akan datang lebih awal, sebelum Galaxy S10.

Galaxy seri "P" dikabarkan akan mejadi lini Samsung pertama dengan sensor in-display fingerprint. Sensor tersebut akan tersemat di dua perangkat sekaligus, yakni Galaxy P30 dan Galaxy P30 Plus.

Salah satu pembocor gadget asal China pertama kali menyebarkan rumor itu. Namun, berbeda dengan Galaxy S10 yang kabarnya akan disematkan teknologi ultrasonic in-display fingerprint sensor, Galaxy P30 dan P30 Plus tidak akan mendapatkan sensor ultrasonic tersebut.

Keduanya diperkirakan hanya akan dibekali optical in-display fingerprint sensor di bawah panel LCD. Sementara teknologi ultrasonic in-display fingerprint, disebut memiliki tingkat akurasi yang lebih canggih.

Kemungkinan, duo Galaxy P30 hanya akan dipasarkan di China. Langkah tersebut diambil sebagai bagian dari strategi Samsung bersaing dengan vendor smartphone Negeri Tirai Bambu.

Baca juga: Galaxy P1, Ponsel Pertama Samsung dengan Pemindai Sidik Jari Bawah Layar?

Galaxy P30 dan P30 Plus diprediksi akan dirilis Samsung pada 11 Oktober mendatang. Sementara Galaxy S10 diprediksi akan diperkenalkan di ajang CES 2019 pada Januari 2019, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Rabu (26/9/2018).

Samsung juga menelurkan teknologi baru di lini ponsel kelas menengah, yakni modul triple-camera. Tiga lensa kemara belakang mulai dipatri ke handset Galaxy A7 yang baru diperkenalkan beberapa hari lalu.
.

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com