Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Kewalahan Produksi iPhone XR?

Kompas.com - 27/09/2018, 16:02 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Ketika Apple memperkenalkan lini iPhone 2018, agak mengherankan karena model OLED (iPhone XS dan XS Max) yang premium lebih duluan hadir di pasaran ketimbang model LCD (iPhone XR) yang lebih merakyat.

Tak dijabarkan secara detail alasan keterlambatan iPhone XR. Banyak yang berspekulasi bahwa Apple ingin melihat terlebih dahulu bagaimana penerimaan pasar terhadap iPhone XS dan XS Max yang lebih mahal.

Namun, sumber dalam menyebut alasan penundaan iPhone XR karena ada masalah dalam proses produksinya. Menurut dia, ada keterbatasan kapasitas yang menyebabkan Pegatron sebagai salah satu manufaktur untuk iPhone XR, terlambat menyediakan pasokan.

Selain itu, ada masalah-masalah internal lain yang tak berhubungan langsung dengan aspek teknis. Misalnya saja kurangnya sumber daya manusia di fasilitas perakitan Pegatron, sehingga banyak tenggat yang terlewatkan.

Baca juga: iPhone XR Resmi Meluncur, Layar Besar Harga Murah

Akibat isu yang terjadi di Pegatron, Apple mengalihkan lebih banyak beban produksi ke Foxconn. Sebelumnya, beban kerja antara dua manufaktur tersebut dibagi rata.

Sekarang, beban produksi di Pegatron telah dikurangi 30 persen dari yang telah ditetapkan terdahulu, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (27/9/2018), dari Ubergizmo.

Belum jelas apakah alasan ini yang benar-benar menyebabkan penundaan ketersediaan iPhone XR di pasaran. Apple bungkam soal rumor yang beredar.

iPhone XS dan XS Max sudah bisa dibeli di beberapa negara per 21 September 2018 lalu. Singapura adalah negara paling dekat dengan Indonesia yang sudah menjual lini premium ini.

Sementara itu, iPhone XR baru akan tersedia untuk para fanboy Apple pada 26 Oktober 2018. Artinya, terlepas dari berbagai masalah yang dikabarkan, Foxconn dan Pegatron sebagai penyuplai masih punya waktu sekitar sebulan untuk menyelesaikannya.

Baca juga: INFOGRAFIK: Spesifikasi dan Keunggulan iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com