Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fujifilm Rilis Instax Square SQ20, Cegah Boros Film

Kompas.com - 28/09/2018, 17:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Fujifilm merilis kamera polaroid terbaru bertajuk “Instax Square SQ20”. Seperti namanya, polaroid ini kompatibel dengan kertas film dengan format kotak.

Prinsipnya, Instax Square SQ20 sama dengan seri polaroid lainnya, memungkinkan pengguna menjepret foto dan langsung menerima hasil fisiknya saat itu juga.

Karakteristik ini bisa dibilang praktis, tetapi juga boros. Sebab, ketika hasil foto jelek, pengguna tak bisa berbuat apa-apa. Film terbuang percuma dan harus perlu film baru untuk mengambil foto berikutnya.

Fujifilm mencoba menuntaskan masalah ini pada Instax Square SQ20. Caranya dengan menciptakan sistem hibrida, di mana foto yang dijepret sejatinya merupakan klip video.

Dengan begitu, pengguna bisa memilih frame mana yang paling bagus, untuk kemudian dicetak. Intinya, dalam satu jepretan, Instax Square SQ20 akan menyediakan beberapa frame foto yang bisa dipilih.

Baca juga: Kamera Analog Kotak Fujifilm Instax SQ6 Dijual Rp 2 Juta di Indonesia

Fitur lainnya yang sama menarik adalah fungsi Zoom, di mana pengguna bisa mengatur jarak subjek. Ada juga Time Shift Collage, di mana pengguna bisa mengambil empat gambar sekaligus dengan periode waktu yang dinamis.

Terakhir, Fujifilm juga menyediakan Self-shot Mirror untuk melihat kondisi wajah ketika hendak menjepret selfie, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (28/9/2018), dari Ubergizmo.

Fujifilm belum menyebutkan berapa harga yang dibanderol untuk Instax Square SQ20. Jika melihat rekam jejak pendahulunya, yakni Instax Square SQ10 dijual seharga 280 dollar AS atau Rp 4 jutaan.

Semestinya harga Instax Square SQ20 tak terpaut jauh dari rentang tersebut. Untuk kepastiannya, kita tunggu saja hingga kamera ini dijual di pasaran mulai 20 Oktober 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com