Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Miniplayer Mulai Tersedia di Browser

Kompas.com - 03/10/2018, 13:09 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Slashgear

KOMPAS.com - YouTube semakin memperluas sebaran YouTube Miniplayer di berbagai versi. Fitur Miniplayer memungkinkan pengguna tetap menonton video ketika melakukan pencarian video lain, tanpa harus menutupnya.

Ukuran layar video yang sedang ditonton akan mengecil, sementara video tetap akan terputar meski pengguna sedang menyisir resensi video lain di beranda YouTube.

Sebelumnya, fitur ini hanya bisa diakses di aplikasi YouTube mobile saja, namun kini YouTube juga menambahkannya ke YouTube versi browser. Mekanisme berbeda sepertinya akan diterapkan antara YouTube Miniplayer versi mobile dan browser desktop.

Jika di versi mobile, pengguna cukup mengetuk tombol kembali (back) saat video terputar dan melanjutkan pencarian. Namun dalam versi browser, pengguna harus mengetuk ikon Miniplayer yang ada di kanan bawah, sederet dengan ikon gerigi (Setting) dan tampilan layar.

Tangkapan layar ikon YouTube Miniplayer versi browserKompas.com Tangkapan layar ikon YouTube Miniplayer versi browser
Setelah KompasTekno menjajal Miniplayer versi browser desktop, video yang sedang ditonton akan mengecil di pojok kanan bawah, setelah ikon miniplayer diklik. Pengguna akan kembali ke menu beranda, berisikan daftar putar video yang telah ditonton.

Pengguna juga tetap bisa mengontrol video yang masih terputar, karena tombol kontrol masih tetap tersedia. Di bawah video Miniplayer, terdapat pula ikon playlist video yang bisa disembunyikan atau ditarik ke bawah untuk memutar video lain dengan cepat.

Fitur Miniplayer tidak akan berfungsi saat pengguna membuka tab lain di browser desktop. Dengan demikian, pengguna tetap harus berada di halaman YouTube untuk menikmati fitur Miniplayer.

Baca juga: YouTube Gaming Resmi Ditutup

Dilansir KompasTekno dari Slash Gear, Selasa (2/10/2018), kemungkinan fitur ini belum sepenuhnya tersebar secara merata. Namun jika telah tersedia, semua browser desktop di berbagai platform, maupun YouTube versi browser di mobile akan bisa memanfaatkan YouTube Miniplayer ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slashgear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com