Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Spectre Folio Diklaim Laptop Pertama Berbahan Kulit

Kompas.com - 03/10/2018, 15:26 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Wired

KOMPAS.com - Bahan plastik dan logam agakya sudah dirasa terlalu biasa oleh HP sehingga pabrikan itu memlih material lain, yakni kulit sebagai lapisan cangkang laptop kelas atas terbaru buatannya.

Laptop berjuluk Spectre Folio tersebut resmi diperkenalkan pekan ini. Seperti namanya, HP Spectre Folio benar-benar tampak seperti map folio berbahan kulit ketika sedang terlipat dan tidak digunakan.

Saat dibuka, pengguna akan disambut layar berukuran 13,3 inci dengan keyboard full-size di atas papan logam tipis. Bahan kulit asli tampak menyatu dengan bodi laptop, melapisi palmrest hingga punggung layar.

Detil lapisan kulit di palmrest keyboard HP Spectre Folio.HP Detil lapisan kulit di palmrest keyboard HP Spectre Folio.
Sebagai perangkat 2-in-1 (laptop yang bisa berubah menjadi tablet), Spectre Folio dibekali engsel fleksibel untuk melipat layar.

Engsel ini ditempatkan di belakang layar dan bisa dipakai mendorong layar agar poisisinya berada di depan deretan tombol keyboard dan diamankan dengan magnet.

Baca juga: Awal 2018, Pasar PC Stagnan dengan HP Jadi Pemimpin

Layar juga bisa dilipat hingga menutupi keyboard sepenuhnya, sehingga Spectre Folio berubah menjadi serupa tablet dan layar touchscreen bisa ditulis dengan aksesori stylus.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wired, Rabu (3/10/2018), HP mengklaim bahwa Spectre Folio adalah laptop pertama di dunia yang memiliki cangkang berbahan kulit.

Material kulit sapi chromed leather yang tersedia dalam dua pilihan warna -brown dan bordeaux- melapis eksterior clamshell sang laptop, sementara frame pendukung struktural perangkat terbuat dari materi logam.

Spectre Folio ditenagai chip Intel Core i5 atau Core i7 generasi ke-8 (Amber Lake-Y), Ada beberapa konfigurasi hardware yang tersedia, termasuk resolusi layar yang bisa dipilih antara full-HD, full-HD hemat daya 1 watt, atau 4K.

Ada juga dua port USB type-C, satu port Thunderbolt, konektor jack audio 3,5 mm, kamera depan dengan face recognition Windows Hello, baterai berdaya tahan hingga 18 jam, dan koneksi 4G LTE lewat kartu nano-SIM dan eSIM terintegrasi.

Laptop berbobot 1,45 kg ini rencananya akan mulai dijual pada akhir Oktober 2018. Banderolnya mulai 1.300 dollar A(Rp 19 juta) S untuk konfigurasi prosesor Core i5 dan mulai 1.500 dollar AS (Rp 22 juta) untuk konfigurasi prosesor Core i7 dengan LTE.

Ketika dalam keadaaan tertutup, HP Spectre Folio terlihat seperti map folio berbahan kulit. HP Ketika dalam keadaaan tertutup, HP Spectre Folio terlihat seperti map folio berbahan kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Wired
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com