Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penjelasan Kamera iPhone XS Hasilkan "Selfie" Kelewat Lembut

Kompas.com - 03/10/2018, 19:07 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TheNextWeb

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu netizen ramai membahas kamera depan iPhone XS yang dinilai membuat selfie tampak diberi efek “Beautify”. Kebanyakan tak senang dengan hasil tersebut, sebab wajah tampak terlalu halus, jika tak menyebut palsu.

Pengembang aplikasi kamera “Halide” untuk iOS, Sebastiaan de With, mencoba meluruskan asumsi dan spekulasi netizen. Menurut dia, Apple tak menyematkan filter “Beautify” pada software kamera depannya.

Namun, Apple memakai pendekatan berbeda dalam proses pembidikan selfie. Alih-alih menghasilkan selfie dengan warna dan tekstur tajam, kamera depan iPhone XS memilih mereduksi noise.

Lantas, bagaimana mekanisme pembidikannya? De With mengatakan bahwa kamera depan iPhone XS menjepret dengan shutter speed yang lebih cepat pada ISO yang lebih tinggi.

 

 


Sebagai ganjaran atas noise yang jauh berkurang, foto juga tampak lebih halus. Dalam hal ini, bukan cuma kulit wajah yang diperhalus, melainkan semua komponen dalam foto.

Baca juga: Jepretan Selfie iPhone XS Dikeluhkan Kelewat Palsu

"Kamera depan iPhone XS menggabungkan exposure dan menurunkan tingkat brightness di area terang, sembari menurunkan level gelap di area berbayang," ia menjelaskan.

"Detil foto tetap terjaga, tetapi memang kurang tajam karena kontrasnya mengurang," ia menambahkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (3/10/2018), dari TheNextWeb.

Masalahnya, pengguna tak diwanti-wanti soal pendekatan berbeda pada proses penjepretan kamera depan iPhone XS. Apple seakan memaksakan kehendak, di mana pengguna mau tak mau mesti rela dengan hasil selfie lembut.

Pada ponsel Android, “Beautify” yang membuat selfie tampak halus bisa dibilang menjadi salah satu fitur populer. Namun, fitur tersebut hadir sebagai opsi, di mana pengguna bisa memilih mengaktifkannya atau menonaktifkannya.

.

.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TheNextWeb
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com