Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp di Android Bisa "Chatting" Sambil Nonton Video

Kompas.com - 04/10/2018, 20:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Mei lalu, WhatsApp menghadirkan fitur picture-in-picture (PiP) khusus untuk pengguna iOS. Kini fitur tersebut sudah tersedia secara beta di Android, yakni dalam versi 2.18.301.

PiP memungkinkan pengguna menonton langsung video dari Instagram, Facebook, dan YouTube, tanpa harus keluar dari jendela WhatsApp. Video bakal terputar otomatis di layar kecil, sehingga pengguna bisa menonton sambil chatting.

Mekanisme ini mempermudah pengguna ketika berbagi referensi video dengan teman dan hendak membahasnya. Obrolan bisa lebih seamless dan real-time karena tak ada jeda untuk keluar-masuk aplikasi.

Namun perlu dicatat, tak semua video Instagram mendukung PiP. Cuma video di linimasa yang bisa tampil di layar kecil WhatsApp, sementara video di Stories belum terakomodir.

Baca juga: YouTube Miniplayer Mulai Tersedia di Browser

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan PiP? Cukup bagikan tautan video Instagram, Facebook, atau YouTube, yang Anda rasa menarik ketika mengobrol dengan teman via WhatsApp.

Teman hanya perlu menekan tautan itu, lantas layar kecil otomatis hadir di dalam jendela WhatsApp. Teman bisa melakukan berbagai tindakan atas video, mulai dari jeda (pause), putar (play), dan berhenti (stop).

Hanya saja, ada sedikit perbedaan cara kerja PiP di Android dan iOS, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (4/10/2018), dari Gadgets360.

Di Android, video akan otomatis berhenti berputar ketika pengguna menutup jendela obrolan dengan teman yang membagikan video itu, pun sebaliknya.

Sementara di iOS, video yang tengah diputar tak akan berhenti meski pengguna menutup jendela obrolan dengan teman bersangkutan dan membuka obrolan baru dengan teman lain. Video berhenti ketika pengguna yang menyetopnya.

Belum jelas apakah mekanisme PiP di Android dan iOS akan selamanya berbeda, atau mungkin bakal sama ketika versi di Android sudah dirilis secara resmi. Sebab, versi beta berarti masih ada yang perlu diperbaiki.

Kita tunggu saja hingga PiP ini diresmikan di Android. Untuk sementara, silakan unduh versi betanya lewat tautan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com