Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo Luncurkan Together, Aplikasi Chatting Pesaing WhatsApp

Kompas.com - 05/10/2018, 15:43 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Tech Spot

KOMPAS.com - Setelah menutup Yahoo Messenger pada 17 Juli lalu, Yahoo mengatakan sedang mengembangkan aplikas chatting baru pesaing WhatsApp, bernama Squirrel. Kala itu, Yahoo Squirrel masih dalam tahap uji coba beta.

Kini, Yahoo mengumumkan jika Yahoo Squirrel resmi meluncur dengan nama Yahoo Together. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim yang sama dengan pengembang Yahoo Messenger.

Karena menjadi versi resmi dari Yahoo Squirrel, basis keduanya masih sama dengan membawa sejumlah fitur kombinasi dari aplikasi perpesanan dan fungsi obrolan grup. Lantas, apa bedanya dengan WhatsApp?

Perbedaan utamanya adalah cara mudah mengelola grup melalui platform mobile. Sistem undangan grup pun dibuat lebih rahasia, tanpa harus menyimpan kontak nomor atau e-mail yang akan diundang, layaknya WhatsApp.

Pengguna cukup membagikan tautan ke orang-orang tertentu dengan membagikan kode melalui platform chat lain. Fitur-fitur di dalamnya memudahkan pengguna mengobrol dengan anggota grup berdasarkan topik tertentu, layaknya aplikasi pesan instan Slack.

Hal ini bertujuan untuk mengelompokan percakapan khusus, agar tidak tercampur dengan percakpan di luar topik lain yang sering kali mengganggu.

Tangkapan layar cara mengundang grup di aplikasi Yahoo Together dan beberapa fitur di dalam ruang obrolan grup.Wahyunanda/ Kompas.com Tangkapan layar cara mengundang grup di aplikasi Yahoo Together dan beberapa fitur di dalam ruang obrolan grup.

Selain mengobrol beradasarkan topik tertentu, pengguna juga bisa mengirim pesan langsung secara pribadi. Dari pengamatan KompasTekno yang menjajal aplikasi ini, beberapa fitur serupa dengan WhatsApp, seperti membagikan foto, GIF, dan reaksi ke sesama anggota grup.

Agak sedikit berbeda, pada fitur rekasi pengguna bisa membuat sendiri reaksinya. Pengguna juga bisa mencari percakapan lama yang tertimbun. Selain itu, notifikasi juga bisa disenyapkan jika merasa terganggu dengan rentetan pemberitahuan grup.

Ada juga fitur Broadcast/Siaran yang digunakan untuk memastikan pengumuman penting untuk semua anggota grup. Tak hanya foto, pengguna juga bisa mengirim dokumen atau tautan.

Baca juga: Yahoo Perkenalkan Squirrel, Aplikasi Chatting Pesaing WhatsApp

Selain itu, pengguna bisa mengatur Smart Reminder ke dalam grup untuk mengingatkan jadwal sebuah agenda ke seluruh anggota grup.

Dilansir KompasTekno dari TechSpot, Jumat (5/10/2018), Yahoo Together telah tersedia di Android dan iOS. Pengguna Android bisa mengunduh Together di tautan berikut ini.

Sementara pengguna iOS bisa mengunduh Together di tautan berikut ini.

Hingga saat ini, Yahoo belum mengumumkan apakah akan ada aplikasi Yahoo Together untuk desktop atau versi web.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Tech Spot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com