Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android One Nokia 7.1 Resmi Meluncur, Harga Rp 5 Jutaan

Kompas.com - 05/10/2018, 17:47 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah bocorannya banyak beredar, HMD Global selaku pemegang lisensi merek ponsel Nokia akhirnya meresmikan kehadiran smartphone terbarunya, Nokia 7.1.

Sebagai perangkat mid-range, Nokia 7.1 dibekali fitur yang jarang ditemukan di perangkat sekelasnya, yakni layar 5,84 inci (2.280 x  1.080 pikel, dengan notch) dengan fitur High Dynamic Range dengan standar HDR10.

Ada juga kemampuan untuk konversi konten SDR menjadi HDR secara real-time dengan teknologi SDR2HDR dari Pixelworks.

"Ini adalah satu-satunya smartphone kelas menengah yang menawarkan kemampuan HDR secara penuh," ujar Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, (5/10/2018).

Layar Nokia 7.1 menggunakan panel LCD, bukan OLED, namun HMD Global mengklaim tingkat kecerahannya tinggi, sehingga tetap bisa dilihat dengan jelas di siang hari.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Nokia 6.1 Plus di Indonesia

Layar ini juga mampu mengatur tone warna secara otomatis berdasarkan keadaan lingkungan sekitar pengguna.

Spesifikasi Nokia 7.1

Nokia 7.1 adalah smartphone Android One, dan karena itu sistem operasi yang dijalankan Android Oreo tanpa kustomisasi antarmuka, alias versi polos.

HMD Global menjamin Nokia 7,1 akan mendapat pembaruan sistem operasi selama 2 tahun dan pembaruan sistem keamanan dari Google selama 3 tahun.

Dari segi spesifikasi, Nokia 7.1 dibekali dengan prosesor Snapdragon 636, RAM 3 GB atau 4 GB, storage 32 GB atau 64 GB, dan baterai 3.060 mAh.

Penangkap gambar Nokia 7.1 terdiri dari kamera belakang ganda 12 megapiksel (lensa f/1.8) dan 5 megapiksel (lensa f/2.4) untuk menghasilkan efek "bokeh", berikut kamera depan 8 megapiksel.

Nokia 7.1 juga bisa melakukan "Bothies", sebutan untuk fitur kamera yang menggabungkan jepretan dari kamera depan dan belakang sekaligus dalam satu gambar.

Untuk warna, Nokia 7.1 memiliki 2 pilihan warna, yaitu Midnight Blue dan Gloss Steel.

Bagaimana dengan harga? Nokia 7.1 sudah bisa dipesan pada awal Oktober 2018, lewat pre-order di situs e-commerce luar negari seperti Amazon & BestBuy. Harga Nokia 7.1 349 dollar AS atau setara Rp 5,3 juta rupiah.

Belum diketahui kapan HMD Global akan meluncurkan Nokia 7.1 untuk pasaran Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com