Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Rilis 2 Earphone Nirkabel ala Apple AirPods

Kompas.com - 06/10/2018, 08:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple merilis earphone nirkabel AirPods setelah menanggalkan colokan earphone (jack audio 3,5 mm) dari iPhone 7 pada 2016 lalu. Kini, HMD Global pemegang lisensi Nokia, meluncurkan dua earphone serupa, yakni True Wireless V1 dan Nokia Pro Wireless Earphone.

Peluncuran dua earphone nirkabel itu bebarengan dengan flagship Nokia 7.1 yang baru dirilis, Kamis (4/10/2018) lalu. Meski begitu, bukan berarti Nokia menanggalkan colokan earphone 3,5 mm di Nokia 7.1 seperti iPhone 7.

Nokia 7.1 tetap mempertahankan jack audio 3,5 mm di bodi ponsel.Posisinya terletak di sisi atas perangkat.

True Wireless V1

True Wireless V1 dioperasikan dengan koneksivitas Bluetooth 5.0. Earbuds ini telah mengantongi rating IPX4, yang berarti penggunanya bisa tetap aman mendengarkan musik meski earphone diguyur air dari arah mana pun.

Earphone wirelesss True Wireless V1 memiliki bobot 10 gram. Selain itu, earbuds-nya memiliki baterai standalone yang cukup untuk mendengarkan musik selama 3,5 jam tanpa jeda, sementara casing earphone juga dapat digunakan untuk mengisi daya baterai earbud tiga kali.

Baca juga: Bocoran Foto dan Spesifikasi Nokia 7.1 Plus

Sehinga totalnya, True Wireless v1 bisa digunakan untuk mendengnarkan musik selama 14 jam, dan berbicara selama 16 jam. Untuk casing-nya sendiri, pengguna bisa mengisi daya dengan menyambungkannya ke sumber daya menggunakan USB type-C.

Casing tersebut juga memiliki indikator LED yang akan memberi tahu tingat daya yang masuk. True Wireless V1 baru bisa didapatkan pada bulan November dengan banderol 129 euro (sekitar Rp 2,2 jutaan).

Pro Wireless Earphone

Nokia Pro Wireless EarphonesAndorid Authority Nokia Pro Wireless Earphones

Sedangkan untuk Pro Wireless Earphone, masih disambungkan dengan tali leher. Earphone ini diklaim mampu bertahan hingga 10 jam. Perangkat ini memiliki vibration alert yang akan bergetar saat panggilan telepon masuk.

Pro Wireless Earphone juga memiliki kontrol magnetis yang bisa menjeda musik secara otomatis. Artinya, untuk menyetop musik, pengguna cukup menempelkan kedua earbuds.

Tak hanya itu, aksesoris ini juga mendukung codec file audio aptX, dan juga anti-air atau keringat. Nokia juga menjamin dukungan akses virtual assistant, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Android Authority, Sabtu (6/10/2018).

Baca juga: Nokia 9 Disebut Bakal Kembali Memakai Gelar PureView

Berbeda dengan earbuds seri V1, cara mengisi daya earphone ini menggunakan kabel micro-USB dan membutuhkan waktu dua hingga tiga jam hingga daya terisi penuh.

Pro Wireless Earphone bakal tersedia pada November 2018 mendatang di pasar Eropa, dengan harga 69 euro (sekitar Rp 1,2 jutaan). Belum diketahui apakah HMD akan memasarkan aksesoris ini ke Indonesia atau tidak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com