Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Cahaya Bocor" di Layar Pocophone F1 Disebut Faktor Software

Kompas.com - 10/10/2018, 13:35 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Beberapa pengguna Pocophone F1 mengeluhkan adanya persoalan kebocoran cahaya pada layar, atau biasa diistilahkan “screen bleeding”.

Masalah ini terlihat jelas ketika ponsel sedang mati atau dipasangi wallpaper hitam. Di bagian tertentu, umumnya sisi sudut, ada area yang agak terang.

Pocophone akhirnya angkat bicara melalui pernyataan tertulis. Anak usaha Xiaomi tersebut mengelak jika layar berbayang pada Pocophone F1 berasal dari komponen hardware, melainkan software.

“Beberapa layar pada MIUI 9 untuk Pocophone menyediakan desain layar bergradasi, termasuk ketika layar dimatikan. Jadi, ini bukan screen bleeding,” kata perwakilan Pocophone.

“Ke depan, layar bergradasi ini telah diberantas pada MIUI 10 yang segera hadir,” ia menambahkan.

Seorang pengguna Pocophone F1 lantas membalas pernyataan Pocophone di Twitter. Ia mengaku telah menguji coba MIUI 10 dalam versi beta dan layar berbayang tak jua hilang.

Selain soal screen bleeding, masalah lain yang dikeluhkan adalah “edge light dispersion”. Fenomena tersebut membuat pengguna melihat warna layar semakin gelap.

Pocophone sesumbar isu ini dialami dalam jumlah sangat kecil, yakni tak sampai 0,3 persen dari total pengguna. Jika ada yang mengalaminya, Pocophone menganjurkan untuk menyambangi layanan purna jual (service center).

Baca juga: Xiaomi Akui Ada Bug di Kamera Pocophone F1, Ini Cara Mengatasinya

“Di Xiaomi, kami percaya pada prinsip memberikan kualitas terbaik,” begitu tertera pada pernyataan resmi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (10/10/2018), dari GSMArena.

Masalah pada Pocophone F1 bukan cuma soal layar. Sebelumnya, kameranya juga sempat dikeluhkan lantaran kerap error ketika dioperasikan.

Pocophone mengatakan hal tersebut gara-gara celah (bug) pada software. Saat ini masalah itu sudah dituntaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com