Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Rajai Pasar PC di Tengah Kelesuan

Kompas.com - 12/10/2018, 07:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Industri PC sudah menunjukkan kelesuan sejak beberapa tahun terakhir, di mana pertumbuhan bisnisnya secara kolektif stagnan atau bahkan merosot. Hal ini kembali terjadi pada kuartal III-2018.

Berdasarkan estimasi dari firma peneliti IDC dan Gartner, pertumbuhan pengapalan PC naik 0,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Secara riil, ada 67.206 unit PC yang terjual.

Di tengah industri yang tak berkembang, Lenovo masih merajai pasar PC dengan pertumbuhan penjualan 10,7 persen dari tahun ke tahun. Pangsa pasarnya mencapai 23,6 persen dengan total pengapalan 15.889 unit PC.

Menurut analis, pertumbuhan Lenovo tak lepas dari akuisisinya yang sukses ke Fujitsu pada awal tahun ini. Sumber daya di Fujitsu membantu memperkuat posisi Lenovo di industri PC, baik secara strategi pemasaran dan inovasi teknologi.

Baca juga: Awal 2018, Pasar PC Stagnan dengan HP Jadi Pemimpin

Setelah Lenovo, HP masih menempati posisi kedua dengan penjualan 14.629 unit PC. Pangsa pasarnya 21,8 persen dengan pertumbuhan 6,2 persen dibandingkan periode serupa tahun lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (12/10/2018), dari Engadget.

 
Estimasi laporan Q3 2018 untuk pasar PC.IDC dan Gartner Estimasi laporan Q3 2018 untuk pasar PC.

Di posisi ketiga, Dell mampu menggenjot pertumbuhan penjualan meski hanya 5,3 persen dari tahun lalu. Pangsa pasarnya mencapai 16 persen, berkat penjualan 10.737 unit selama tiga bulan terakhir.

Baca juga: Daftar 6 Besar Vendor PC 2017 di Pasar Global

Selain tiga pabrikan raksasa tersebut, vendor lainnya mengalami penurunan bisnis. Bisnis PC Apple diprediksi bakal merosot 8,5 persen dengan penjualan hanya 4.928 unit PC.

Di bawahnya secara berurutan ada Acer dan Asus, yang diperkirakan bakal mendapat laporan minus masing-masing 5,7 persen dan 15,9 persen.

Laporan ini masih berupa analisis yang sifatnya sementara, tetapi urutannya hampir pasti demikian. Bagaimana masa depan industri PC di masa depan? Belum ada yang bisa memastikan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com