Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Groups Bisa Chatting hingga 250 Orang

Kompas.com - 12/10/2018, 11:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Facebook memberikan keleluasan lebih bagi pengguna dalam berinteraksi melalui fitur “Groups”. Raksasa media sosial tersebut kini memungkinkan anggota Groups membuat sub-chat untuk membahas topik-topik spesifik.

Dalam satu sub-chat, anggota yang berpartisipasi bisa mencapai 250 orang. Bukan cuma itu, Groups juga bakal mendukung panggilan audio dan video yang mengakomodasi maksimal 50 anggota.

Salah satu masalah dari fitur semacam ini adalah ketidaknyamanan pengguna. Notifikasi akan membanjiri ponsel setiap kali ada yang melontarkan sesuatu di sub-chat Groups.

Hal ini sudah diantisipasi Facebook. Jejaring sosial bernuansa biru itu membebaskan pengguna dalam menyetel notifikasi Groups.

Pengguna bisa mendiamkan (mute) segala macam informasi dari Groups. Pengguna juga bisa memilih hanya diberi notifikasi ketika namanya disebut (mentioned).

Baca juga: Yahoo Luncurkan Together, Aplikasi Chatting Pesaing WhatsApp

Perlu dicatat, chatting di Facebook Groups berbeda dengan Messenger. Di Facebook Groups, seorang admin bisa memasukkan siapa saja ke sub-chat meski antara pengguna satu dan lainnya tak saling berteman.

Yang terpenting, semuanya merupakan anggota. Misalnya ada Groups bernama "Surf", lalu di dalamnya akan ada beberapa sub-chat seperti "Sunday Surf Ups", "SF Meet and Surf", dan sebagainya.

Belum tentu anggota A masuk di semua sub-chat tersebut, melainkan hanya yang relevan dengan dirinya. Anggota Amemiliki hak penuh untuk masuk atau menolak masuk, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (12/11/2018), dari Engadget.

Sementara itu, chatting di Messenger harus dilakukan antar lingkaran pertemanan (mutual friends). Sifatnya pun tak berbasis hobi layaknya di Facebook Groups. Pada awal tahun ini, obrolan kelompok di Messenger pun telah dimungkinkan hingga 250 orang.

Saat ini ada 1,4 miliar orang aktif di Facebook Group. Dengan menyediakan sub-chat dalam Groups, Facebook berharap interaksi antar pengguna bisa lebih bermakna. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com