Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Patenkan "Wireless Charging" Terkencang di Dunia

Kompas.com - 15/10/2018, 10:11 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Oppo bakal melengkapi lini flagship-nya dengan sistem pengisian daya nirkabel (wireless charging) paling mumpuni di industri. Pasalnya, wireless charging itu dilengkapi teknologi pengisian daya cepat (fast charging).

Setidaknya begitu menurut bocoran paten teranyar yang diajukan Oppo. Paten tersebut tak menjelaskan secara spesifik bagaimana cara kerja wireless charging dengan fast charging tersebut.

Hanya saja, jika saat ini standar wireless charging adalah Q1 2.0 dengan pengantaran daya 10 watt, maka Oppo meningkatkannya menjadi 15 watt.

Secara garis besar, hal ini berkat sistem komunikasi dua arah antara sirkuit pengisian daya di dalam smartphone dengan stasiun pengisian nirkabel. Komunikasi dua arah itu memungkinkan aliran daya yang lebih cepat.

Bahkan, menurut sumber dalam, sistem wireless charging yang dipatenkan Oppo itu sejatinya bisa mengantarkan daya lebih dari 15 watt. Meski demikian, belum disebutkan berapa angka pastinya.

Sumber dalam sesumbar paten tersebut bakal direalisasikan ke lini Oppo keluaran 2019 mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (15/10/2018), dari Wccftech.

Baca juga: Oppo Find X Edisi Lamborghini Dirilis, Pertama dengan Super VOOC

Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi vendor lain. Pasalnya, sistem wireless charging yang selama ini digunakan Apple dan Samsung hanya bisa mengantarkan daya maksimum 7,5 watt.

Kita tunggu saja hingga Oppo benar-benar merilis ponsel dengan wireless charging super cepat. Serta, seperti apa reaksi vendor lain menanggapi inovasi ini.

Baca juga: WiFi Ternyata Bukan Singkatan Wireless Fidelity

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com