Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Umumkan Fitur Hyper Boost Pendongkrak Kinerja Smartphone

Kompas.com - 15/10/2018, 14:55 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akhir pekan lalu, vendor ponsel asal China, Oppo secara resmi memperkenalkan sebuah fitur baru. Fitur tersebut berfungsi untuk mendongkrak kinerja perangkat saat menjalankan aplikasi berat atau saat bermain game.

Fitur akselerasi hardware bernama Hyper Boost ini didesain untuk meningkatkan performa perangkat sampai lebih dari 30 persen. Hyper Boost memiliki tiga mode yakni System Engine, Game Engine, dan Aplication Engine.

Masing-masing mode memiliki fungsi yang berbeda namun cara kerjanya serupa yakni mengoptimalkan alokasi sumber daya pada perangkat Android sehingga mampu mendongkrak performa ke titik maksimal.

Hyper Boost juga diklaim dapat mengatasi masalah konsumsi daya dan kinerja saat ponsel menjalankan aplikasi yang tergolong berat.

Baca juga: Disebut Curangi "Benchmark", Apa Kata Oppo dan Huawei?

Pada mode System Engine misalnya, Hyper Boost akan mengoptimalkan sistem pada seluruh ponsel Oppo yang ditenagai Qualcomm dan MediaTek. Mode ini memiliki 50 skenario solusi untuk optimalisasi sumber daya perangkat.

Kemudian pada mode Game Engine, Hyper Boost memiliki 11 skenario optimasi yang dapat diterapkan saat ponsel menjalankan game-game terkini. Seluruh skenario optimasi ini juga dapat memberi solusi untuk masalah konsumsi daya saat bermain game.

Judul-judul game yang didukung antara lain Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile dan Honor of Kings.

Percepatan internet

Selain itu pada mode Game Engine ini, ponsel juga dapat mempercepat jaringan internet lewat sambungan seluler atau WiFi yang digunakan, sehingga dapat mengurangi angka latensi (ping) agar tidak terjadi lag saat bermain game.

Kemudian pada mode Application Engine, Hyper Boost memiliki 39 skenario optimasi untuk beragam aplikasi populer yang banyak digunakan. Namun Oppo tak memberi penjelasan lebih banyak bagaimana optimasi yang akan dilakukan pada mode ini.

Dirangkum KompasTekno dari Android Headlines, Senin (15/10/2018), fitur Hyper Boost akan bekerja setelah mencermati perilaku pengguna dengan ponsel pintarnya.

Fitur ini dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya di seluruh sistem untuk kebutuhan khusus si pengguna tersebut.

Baca juga: Resmi, Oppo R17 Pro Punya Dua Baterai dan Tiga Kamera Belakang

Dengan begitu, fitur ini dapat membantu perangkat untuk memastikan pemanfaatan alokasi sumber daya yang tepat. Dengan demikian perangkat akan jadi lebih responsif, cepat dan sistem operasi akan berjalan dengan lebih lancar.

Teknologi Hyper Boost ini akan mulai disematkan pada perangkat terbaru Oppo yakni seri R17 dan R17 Pro. Selain kedua perangkat ini, belum diketahui model lain yang akan menyusul kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com