Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Hadirkan Photoshop "Sungguhan" di iPad

Kompas.com - 16/10/2018, 16:29 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Adobe Photoshop bakal hadir di iPad dalam versi "sesungguhnya", bukan versi mobile alias "Lite" semata. Hal ini diungkapkan perwakilan Adobe dalam konferensi kreatif bertajuk “MAX”, di Los Angeles, Amerika Serikat.

Pada dasarnya, Adobe Photoshop dalam versi desktop dan mobile punya benang merah sama, yakni menghadirkan beragam tool pengeditan foto untuk berbagai keperluan. Hanya saja, kemampuan dan kelengkapannya lebih maksimal pada versi desktop.

Contoh paling simpelnya, Photoshop versi desktop mampu mengakomodir jumlah layer yang jauh lebih banyak ketimbang versi Lite. Hal ini dikarenakan performa perangkat mobile memang tak segarang desktop.

Agaknya iPad dianggap sudah mampu mengakomodir kemampuan pengeditan berskala profesional selayaknya di dekstop, sehingga Adobe berani membawa Photoshop "sungguhan" ke tablet buatan Apple tersebut.

Tentu saja tetap akan ada perbedaan dalam penjajalannya, di mana antarmuka Photoshop di iPad harus menyesuaikan dengan medium layar sentuh. Namun, secara kemampuan dipastikan sama.

Baca juga: Berkat Photoshop, Pria Ini Jadi Akrab dengan Kendall Jenner

Sinkronisasi otomatis

Integrasi file dari Photoshop di iPad dan dekstop pun dijanjikan bakal mulus (seamless). Keduanya menggunakan pengkodean yang sama, serta bakal menyimpan file dalam format .psd.

?“Apapun yang Anda lakukan di iPad akan tersinkronisasi dengan desktop, sehingga Anda bisa menggunakan perangkat terbaik untuk pekerjaan tertentu,” kata Product Manager Adobe Photoshop, Pam Clark, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (16/10/2018), dari TheNextWeb.

"Tak perlu lagi ada impor, ekspor, dan konversi file dari Photoshop iPad ke desktop, pun sebaliknya," ia menambahkan.

Selain meluncurkan Photoshop sungguhan di iPad, Adobe juga tengah menggarap aplikasi visual baru bertajuk “Project Gemini”. Aplikasi tersebut spesifik untuk menggambar dan dirancang agar terintegrasi dengan Photoshop.

Photoshop untuk iPad dan Project Gemini bakal hadir pada 2019 mendatang, meski belum diumbar tanggal pastinya. Adobe mengatakan iPad akan jadi tablet pertama yang disinggahi “Photoshop sungguhan”.

Artinya, ada kemungkinan aplikasi tersebut juga diboyong untuk pengguna Android. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com