Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Dikabarkan Bikin Tablet Lipat dengan Layar LG

Kompas.com - 18/10/2018, 13:17 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sempat heboh ponsel lipat Lenovo dalam video, kini muncul kabar bahwa pabrikan asal China tersebut bekerja sama dengan LG untuk merilis tablet dengan layar lipat berukuran 13 inci.

LG dalam hal ini dirumorkan berperan sebagai pembuat layar sang tablet lipat. Apabila benar, maka hasil kolaborasi kedua vendor ini bakal menjadi pelopor tablet lipat di pasaran.

Kalau benar berukuran 13 inci pula, maka layar lipat tadi sekaligus akan menjadi yang terbesar dan bisa dengan mudah diterapkan untuk laptop.

Ukuran 13 inci (aspect ratio 16:9) berlaku saat layar dalam keadaan dibentangkan sepenuhnya. Saat dilipat, mungkin ukurannya bisa menciut hingga menjadi sebesar 8 inci dengan aspect ratio 4:3.

Baca juga: Muncul Dalam Video, Ponsel Lipat Lenovo Segera Meluncur?

Layar bisa saja dibuat lebih melebar agar aspect ratio menjadi 16:9 saat dilipat, tapi ukurannya bakal mengecil lebih jauh menjadi 8 inci. Meski demikian, ukuran ini masih termasuk ideal untuk tablet.

Dengan kata lain, tablet lipat buatan LG dan Lenovo -kalau benar ada- mungkin bakal bisa berubah dari tablet berukuran besar (13 inci) menjadi tablet berukuran kecil (9 atau 8 inci) dengan melipat layarnya.

Informasi yang dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (18/10/2018) menyebutkan bahwa LG akan memasok layar OLED fleksibel 13 inci dimaksud ke Lenovo pada paruh pertama 2019.

Baca juga: Ponsel Lipat Huawei Ternyata Sekaligus Ponsel Lipat Pertamanya

Oleh karenanya, mungkin masih butuh waktu agak lama sebelum tablet yang bersangkutan bisa dilepas ke pasaran..

Sementara itu, pabrikan lain seperti Samsung dan Huawei diketahui berencana memperkenalkan produk ponsel lipat masing-masing dalam waktu dekat. Ponsel lipat besutan Huawei sekaligus bakal menjadi smartphone 5G pertamanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com