Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Begini Cara Menjajal Fitur Baru YouTube Sebelum Resmi Meluncur

Pengguna Android Kini Bisa Jajal Fitur YouTube Sebelum Resmi Meluncur

Kompas.com - 19/10/2018, 09:33 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube baru saja memperbarui laman informasi aplikasinya dengan menambahkan program beta khusus pengguna Android.

Beta program disiapkan untuk menerima umpan balik dari pengguna terkait fitur-fitur yang sedang dikembangkan, sebelum akhirnya dirilis ke publik.

Karena sifatnya yang uji coba, tentu akan memengaruhi kestabilan aplikasi YouTube di ponsel pengguna. Namun pengguna yang ingin bergabung menjadi penguji YouTube beta dan menjajal fitur baru YouTube mobile sebelum dirilis ke publik bisa melakukan langkah berikut.

Cara menjadi "beta tester" YouTube di Android

Setelah membuka aplikasi YouTube di Google Play Store, gulir ke bawah untuk menemukan informasi berisi penawaran "jadi penguji beta".

Kemudian, pilih opsi "Gabung Sekarang", maka akan muncul pop-up yang mengingatkan bahwa versi beta kemungkinan akan tidak stabil karena masih tahap pengembangan.

Baca juga: YouTube Dikeluhkan Tidak Dapat Diakses Pagi Ini

Jika Anda yakin, pilih "Ikut" (Join), sebaliknya jika merasa enggan, pilih "Batal" (Cancel). Setelah Anda memilih bergabung, YouTube akan memproses pendaftaran Anda sebagai penguji beta. 

Kemudian, seperti dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (19/10/2018), pengguna bisa melakukan update ke versi YouTube beta apabila nanti telah tersedia.

Cara menjadi penguji program beta YouTubeKompas.com Cara menjadi penguji program beta YouTube

Setelah menjadi penguji beta, Google tentu ingin mendapat evaluasi mengenai fitur yang tengah diuji coba, pengguna bisa mengirimkannya melalui kolom komentar berjudul "Enter feedback about the app".

Cara keluar dari program beta

Jika ingin keluar dari program beta dan kembali ke aplikasi publik, buka aplikasi YouTube di Google Play Store, lalu gulir ke bawah dan temukan informasi tentang pengujian beta. Di bawahnya, terdapat pilihan "keluar" untuk meninggalkan program beta.

Setelahnya, Anda bisa mencopot pemasangan aplikasi dan install ulang untuk kembali ke versi publik. Informasi lengkap tentang pengujian program beta YouTube bisa disimak di laman google di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com