Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gboard Sediakan Mode “Mengambang” untuk Mengetik di Ponsel Bongsor

Kompas.com - 22/10/2018, 15:12 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Ukuran layar smartphone yang semakin besar seringkali menyusahkan pengguna untuk mengetik, apalagi jika dengan satu tangan karena jemari kadang sulit menjangkau deretan huruf.  

Menyadari tren smartphone yang makin bongsor, Google mencoba memudahkan pengguna dalam mengetik dengan meluncurkan "floating mode" baru di aplikasi on-screen keyboard besutannya, Gboard.

Sesuai namanya, mode ini memungkinkan Gboard untuk "mengambang" di atas layar dalam sebuah jendela yang bisa digeser-geser di tampilan layar. Di bawah papan ketik, terdapat tombol pengendali yang bisa digunakan untuk menggeser papan.

Dengan demikian, diharapkan jari pengguna bisa lebih mudah menjangkau jendela papan ketika yang diposisikan lebih dekat dengan tangan saat menggenggam ponsel. 

Selain itu, ukuran papan ketik juga bisa diperbesar maupun diperkecil sesuai keinginan. Jika keyboard berdiam di satu lokasi tertentu dalam waktu yang cukup lama tanpa disentuh, maka warna keyboard perlahan akan berubah transparan sehingga layar belakang akan tampak.

Saat mode mengambang aktif, semua fungsi keyboard akan berjalan normal, termasuk mode ketik meluncur (glide), suggestion, tema keyboard yang berbeda, dan lain sebagainya.

Cara mengaktifkan "Floating Mode" 

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Senin (22/10/2018), mode baru ini diglurkan secara bertahap dan belum tersebar merata ke semua pengguna Gboard.

Pengguna tidak akan menemukannya di deskripsi pembaruan fitur Google Play Store. Namun, jika sudah tersedia, mode mengambang ini bisa langsung dicoba.

Baca juga: Aplikasi Keyboard Gboard Kini Bisa Bikin Stiker dari Selfie

KompasTekno pun sempat menjajalnya. Mode mengambang ini akan muncul jika pengguna megnaktifkan mode multibahasa untuk Gboard yang bisa di atur dalam menu Settings > Sistem > Bahasa dan masukan > Bahasa.

Kemudian, buka aplikasi apapun yang memungkinkan papan ketik muncul. Dalam percobaan ini, KompasTekno memilih aplikasi Gmail. Kemudian klik logo Google di pojok kiri atas papan Gboard dan pilih ikon titik tiga di sebalah kanan.

Mode mengambang di GboardKompas.com Mode mengambang di Gboard
Di pojok kanan bawah akan muncul opsi mode "Mengambang", lantas pilih opsi tersebut. Setelah papan ketik mengambang dalam sebuah jendela, maka bisa digeser ke sisi manapun. Papan ketik akan berubah transparan saat tidak digunakan dalam beberapa detik.

Untuk mengembalikan ke mode semula, lakukan cara yang sama dan pilih ikon papan ketik yang diblokir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com