Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Hadir, Snapdragon 675 Janjikan Game Lebih Mulus

Kompas.com - 24/10/2018, 10:31 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Pekan ini, keluarga System-on-Chip (SoC) seri Snapdragon 600 besutan Qualcomm mendapat anggota baru, yakni Snapdragon 675 yang diperkenalkan dalam 4G/5G Summit di Hong Kong.

SoC papan tengah tersebut mengedepankan tren-tren masa kini dengan performa gaming, kamera, dan kemampuan AI yang diklaim meningkat dari generasi sebelumnya.

Peningkatan yang dilakukan dari sisi gaming adalah optimalisasi game yang akan dimainkan berdasarkan engine game, seperti engine Unity dan Unreal.

Qualcomm mengklaim, Snapdragon 675 dapat menjalankan game yang telah dioptimalkan seperti PUBG Mobile, King of Honor, serta CrossFire Mobile, dengan ping (respon jaringan) rendah serta dapat dimainkan dengan mulus tanpa adanya lag dengan frame rate 60 FPS.

Dibandingkan Snapdragon 670 sebelumnya, Snapdragon 675 juga disebut mampu meluncurkan aplikasi game 30 persen lebih cepat.

Komponen-komponen Snapdragon 675.Qualcomm Komponen-komponen Snapdragon 675.

Keunggulan lainnya dari chip ini adalah adanya teknologi image signal processor Spectra 250L, yang mendukung konfigurasi tiga kamera (ultra wide, wide, dan telephoto, rentang focal length/ zoom hingga 5x), baik di depan maupun di belakang ponsel.

Untuk pengolahan kecerdasan buatan (AI), Snapdragon 675 megandalkan tenaga gabungan dari prosesor sinyal digital (DSP) Hexagon 685, CPU, dan GPU,

Snapdragon 675 diklaim memiliki dengan kemampuan face unlock 3 kali lebih cepat dari pendahulunya, Snapdragon 670, sekaligus lebih akurat.

CPU Snapdragon 675 terdiri dari delapan inti (octa-core) Kryo 460 yang terbagi menjadi dua inti berkecepatan tinggi (2 GHz) dan enam inti hemat daya (1,7 GHz).

GPU yang digunakan adalah Adreno 612. Kemudian, ada juga modem LTE Snapdragon X12 dengan dukungan downlink Cat 15 hingga 600 Mbps.

Belum diketahui ponsel apa saja yang akan menggunakan SoC ini. Namun, Snapdragon 675 dikabarkan akan mulai hadir pada ponsel-ponsel papan tengah di kuartal pertama 2019, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Rabu (24/10/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com