Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Apple Bakal Adopsi Konektor USB-C

Kompas.com - 24/10/2018, 17:11 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Apple bakal memperkenalkan perangkat baru pada 30 Oktober mendatang di Brooklyn, New York. Diduga kuat perangkat tersebut tak lain adalah iPad Pro.

Berbagai bocoran dan prediksi sudah berseliweran di ranah maya. Salah satunya menyebut iPad Pro bakal beralih dari konektor Lightning ke USB-C.

Hal ini sejatinya telah diumbar analis Apple, Ming-Chi Kuo sejak September lalu. Para analis di Hongkong dan Jepang pun mendukung prediksi tersebut.

Bahkan, foto render iPad Pro dengan konektor USB-C sudah mengemuka di internet. Pada foto tersebut, iPad Pro juga kelihatan mengusung layar full-screen.

Indikasi lainnya yang memperkuat rumor ini adalah kemunculan kabel pengisian daya baru dengan standar USB-C untuk arloji pintar Apple Watch. Artinya, pengguna bisa mengisi daya wearable tersebut via MacBook, atau mungkin iPad Pro, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (24/10/2018), dari Forbes.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Konektor Baru Pengganti USB

Apple sepertinya mulai membangun ekosistem USB-C untuk menggantikan konektor Lightning yang sudah digunakan sejak 2012 lalu. Jika benar, apa alasannya?

Sebenarnya kemewahan utama USB-C sama dengan Lightning, yaitu mudah terhubung dalam berbagai posisi, alias anti-terbalik.

Berbeda halnya dengan USB-A, microUSB, dan SCART, yang jelas-jelas punya posisi atas dan bawah berbeda, sehingga pengguna harus benar-benar menghubungkannya dengan posisi yang pas.

Keunggulan USB-C ketimbang Lightning terletak pada fleksibilitasnya. Pengguna bisa mengisi daya dengan banyak kabel yang kompatibel karena tak eksklusif untuk perangkat Apple saja.

USB-C juga dirancang untuk menransfer data berukuran besar dalam waktu yang relatif lebih cepat. Dalam satu detik, USB-C mampu mengantarkan file 10 Gb.

Konektor tersebut juga mendukung fitur pengisian daya cepat yang lebih maju. Selain itu, USB-C mampu menampilkan suara atau gambar ke proyektor atau televisi dengan resolusi tinggi 4K.

Sejauh ini Apple belum mengonfirmasi kabar soal peralihan dari Lightning ke USB-C. Kita tunggu saja kejelasannya dalam sepekan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com