Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vendor Ponsel Android Wajib Rilis Update selama 2 Tahun

Kompas.com - 26/10/2018, 18:07 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google setiap bulannya meluncurkan pembaruan OS Android ke pengguna dan pembuat smartphone (OEM) secara berkala. Vendor pembuat ponsel dengan OS Android, akan diwajibkan oleh Google untuk memastikan ponselnya tetap mendapatkan pembaruan keamanan selama 2 tahun ke depan lewat sebuah kontrak.

Dilansir dari The Verge, situs tersebut mendapatkan kontrak dari Google yang akan diberikan kepada OEM, tentang jumlah minimum pembaruan keamanan Android yang wajib dirilis oleh setiap OEM.

Kontrak tersebut secara khusus menyatakan bahwa OEM harus memberikan sekurang-kurangnya empat update keamanan dalam satu tahun peluncuran ponsel.

Pembaruan keamanan juga dimandatkan dalam tahun kedua, meskipun tanpa jumlah rilis minimum, yang artinya 1 pembaruan pun cukup dalam setahun.

Perjanjian itu berlaku untuk perangkat Android apa pun yang diluncurkan setelah 31 Januari 2018, yang telah diaktivasi oleh 100.000 pengguna.

Baca juga: Banyak Vendor Android yang Bohong soal Update Keamanan

Dengan kata lain, model ponsel yang menjadi 'target pembaruan' kontrak baru ini adalah model yang banyak diminati di pasaran.

Dokumen juga menyebutkan bahwa OEM, yang telah memiliki jumlah aktivasi pada model ponsel tertentu, harus memperbaiki bugs atau error yang teridentifikasi oleh Google dalam jangka waktu tertentu, tidak lewat dari 90 hari sejak pembaruan sebelumnya.

Jika lewat dari hari tersebut, Google mungkin akan mempersulit OEM yang melanggar dengan menahan persetujuan perijinan rilis OS Android pada ponsel bikinan lanjutan OEM itu di masa depan.

Belum diketahui OEM mana saja yang telah atau akan menandatangani perjanjian baru ini.

Kendati demikian, Google melakukan ini untuk mendisiplinkan para OEM agar rajin memperbaharui sistem keamanan ponsel besutannya dengan pembaruan dari Google untuk mencegah isu keamanan seperti kebobolan privasi atau peretasan.

Sebelumnya, David Kleidermacher, Kepala divisi keamanan Android, pada acara Google I/O 2018, menyatakan bahwa pihaknya akan membuat ketentuan agar para OEM memberikan pembaruan secara berkala pada smarthpone bikinannya.

Namun, David sendiri tidak memberikan detail apa pun tentang ponsel apa saja, atau berapa pembaruan yang diwajibkan, dan berapa lama OEM harus menerapkan pembaruan, seperti dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (26/10/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com