Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka WhatsApp Bakal Diminta Sidik Jari atau Foto Wajah

Kompas.com - 27/10/2018, 08:02 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GadgetsNow

KOMPAS.com - Layanan pesan singkat WhatsApp bakal melengkapi fitur keamanannya dengan dukungan TouchID dan FaceID. Setidaknya begitu temuan WABetaInfo yang rekam jejaknya terbilang kredibel.

Dengan dukungan TouchID dan FaceID, pengguna memiliki lebih banyak opsi untuk menjaga privasi obrolan di WhatsApp. Sebab, untuk membuka aplikasi, pengguna perlu memasukkan data sidik jari atau wajah yang telah diregistrasi.

Hanya saja, kemampuan ini eksklusif bagi pengguna iPhone saja, karena TouchID dan FaceID sendiri cuma tertera di perangkat mobile buatan Apple itu.

Sifarnya pun opt-in, di mana pengguna bisa memilih mengaktifkan atau menon-aktifkannya melalui tab “Privacy”, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (27/10/2018), dari GadgetsNow.

Sejauh ini dukungan untuk TouchID dan FaceID masih dalam tahap pengembangan. Belum jelas kapan WhatsApp akan benar-benar merilisnya bagi para pengguna iOS.

Baca juga: Begini Cara Kirim Stiker di WhatsApp

TouchID untuk WhatsAppWABetaInfo TouchID untuk WhatsApp
Diketahui, TouchID merupakan fitur keamanan yang tersemat pada sembilan model iPhone, yakni iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6S, iPhone 6 Plus, iPhone 7. iPhone 7 Plus, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus.

Sementara itu, FaceID baru diperkenalkan pada iPhone X keluaran tahun lalu, lantas diteruskan pada iPhone XS dan iPhone XS Max yang meluncur pada September lalu.

WhatsApp agaknya bakal memberikan banyak perubahan untuk meningkatkan pengalaman pengguna mengobrol maya. Baru-baru ini, layanan di bawah Facebook tersebut juga dikatakan bakal menghadirkan “Dark Mode”.

Fitur tersebut sudah populer sejak Android Orea, memungkinkan antarmuka ponsel serba gelap. Gunanya untuk mereduksi mata lelah akibat kebanyakan terpapar cahaya layar yang terang.

Kita tunggu saja hingga fitur-fitur anyar WhatsApp menyapa seluruh pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GadgetsNow

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com