Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hoaks Kecelakaan Lion Air JT 610 beserta Klarifikasinya

Kompas.com - 30/10/2018, 12:15 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com — Kecelakaan pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin (29/10/2018) lalu menjadi kabar duka bagi Indonesia.

Sayangnya, seperti rentetan bencana-bencana sebelumnya, banyak pihak yang memanfaatkan momen duka ini untuk menyebar kabar bohong alias hoaks.

Di saat pihak berwenang seperti SAR, TNI AL, dan KNKT terus berupaya menyisir lokasi jatuhnya pesawat untuk mencari puing pesawat dan korban, oknum "iseng" justru menyebarkan hoaks yang tak jarang meresahkan.

Setidaknya, KompasTekno menemukan empat hoaks yang tersebar di berbagai platform media sosial sejak Senin (29/10) kemarin. Berikut adalah hoaks yang beredar dan telah

1. Foto bangkai pesawat terbelah

Tersebar siaran berantai di beberapa platform media sosial yang menyebutkan bangkai pesawat yang tertera di gambar tersebut adalah bodi pesawat Lion Air JT 610.

Bodi pesawat digambarkan terbelah menjadi dua dan terlihat beberapa orang yang sedang berusaha mengevakuasi.

Namun, kabar itu disanggah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penangggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter-nya.


Menurut Sutopo, foto itu adalah foto lama dan bangkai pesawat di foto itu adalah milik Lion Air JT 904. Pesawat tersebut mengalami kecelakaan di kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada 13 April 2013 lalu.

Hingga Selasa (30/10/2018) pagi, badan pesawat Lion Air JT 610 masih belum ditemukan.

Baca juga: Badan Pesawat Lion Air JT 610 yang Masih Menjadi Teka-teki

2. Video pesawat tergelincir di laut

Salah satu video yang beredar di Facebook menampilkan sebuah pesawat yang tergelincir di atas permukaan laut. Pesawat dalam video itu diklaim sebagai Lion Air JT 610 dengan judul "Detik Jatuhnya Pesawat Lion Air", yang disebut direkam oleh salah satu nelayan.

Beradasarkan penelusuran laman Facebook Indonesia Hoaxes, gambar tersebut terbukti hoaks.
Kebenarannya adalah pesawat itu merupakan pesawat Ethiopian Airlines Flight 961 yang mengalami kecelakaan pada 1996.

Video itu sejatinya adalah potongan video dari YouTube dengan judul "Hijacked Plane Disaster-Water Crash Landing" yang sudah diunggah tahun 2014 lalu.

3. Video kepanikan penumpang

Sebuah video yang mengambarkan kepanikan di dalam kabin pesawat juga tersebar di media sosial. Dalam video tersebut tampak kabin pesawat yang gelap dengan suara-suara penumpang yang memanjatkan doa.

Narasi yang tersebar bersama video ini adalah kepanikan penumpang Lion Air JT 610. Namun Sutopo kembali meluruskan bahwa video tersebut bukan berasal dari salah satu penumpang Lion Air JT 610, melainkan dari pesawat Lion Air JT 353.

Pesawat dalam video itu diketahui sedang mengalami turbulensi dalam penerbangan dari Padang ke Jakarta.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com