Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Memori MicroSD 512 GB Samsung Dijual Seharga Smartphone

Kompas.com - 31/10/2018, 06:47 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Galaxy Note 9 adalah smartphone pertama dari Samsung yang mendukung pemakaian kartu memori microSD hingga 512 GB. Namun, Samsung sendiri belum memiliki produk microSD dengan kapasitas sebesar itu.

Hal tersebut agaknya akan segera berubah karena Samsung pada pekan ini sudah mulai memajang produk microSD 512 GB pertamanya.

Produk tersebut nongol di situs Samsung Jerman. Banderolnya tak murah, yakni 289 Euro atau sekitar Rp 5 juta, sebanding dengan smartphone kelas menengah seperti Galaxy A7 Plus yang dijual Rp 4,5 juta di Indonesia.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A7 di Indonesia

Harga kartu memori microSD 512 GB Samsung juga hampir tiga kali lipat kartu memori serupa dengan kapasitas setengahnya. Kartu memori microSD 256 GB bikinan Samsung dijual seharga 99 Euro di Jerman.

Dengan memasang kartu memori ini Galaxy Note 9 versi 512 GB, maka perangkat tersebut bakal memiliki ruang penyimpanan sebesar 1 terabyte.

Namun, peminat agaknya masih harus bersabar menunggu karena penjualan kartu memori bernama lengkap Samsung EVO Plus 512 GB MicroSDXC itu masih belum dimulai.

Seperti dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (31/10/2018), situs Samsung Jerman belum menerima pemesanan produk terkait. Tanggal ketersediaan ataupun di mana saja wilayah pemasarannya juga masih belum jelas.

Kartu memori seri EVO plus dari Samsung (termasuk versi 512 GB) memiliki rating kecepatan baca maksimum 100 MB per detik dan kecepatan tulis 90 MB per detik.

Menurut Samsung, kartu microSD 512 GB besutannya mampu menampung video Full HD hingga 78 jam atau lebih dari 150.000 foto.

Baca juga: MicroSD Sudah Ada Kapasitas 512 GB, Harganya?

Samsung sendiri bukan satu-satunya pabrikan yang memiliki kartu memori microSD berkapasitas 512 GB. Vendor lain seperti SanDisk (Extreme Pro 512 GB SDXC) dan PNY (Elite 512 GB microSDXC) sudah lebih dulu menelurkan produk serupa.

Harganya rata-rata memang mahal. Di Amerika Serikat, MicroSD 512 GB bikinan SanDisk dijual seharga 299 dollar AS (Rp 4,5 juta) sementara buatan PNY dibanderol 349 dollar AS (Rp 5,3 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com