Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Murah dari MacBook Pro, iPad Pro 2018 Punya Performa Sejajar

Kompas.com - 05/11/2018, 18:17 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPad Pro 2018 meluncur akhir Oktober lalu dengan segala inovasi, salah satunya penyematan System-on-a Chip (SoC) A12X, yang diklaim sebagai SoC tercepat bikinan Apple, di tablet tersebut.

Terkait SoC, baru-baru ini muncul bocoran benchmark yang menunjukkan skor SoC iPad baru itu bersaing ketat dengan MacBook Pro 15 inci.

Skor yang terpampang di Geekbench, platform penguji dapur pacu SoC, untuk iPad Pro (2018) diketahui memiliki skor single core 5.030, tak jauh dari skor single core MacBook Pro 15 inci (2018), yaitu 5.053.

Dari pegujian multi core, diketahui iPad Pro (2018) ditanam SoC A12X prosesor delapan core bikinan Apple sendiri.

Hasil benchmark Geekbench iPad Pro 2018.Geekbench Hasil benchmark Geekbench iPad Pro 2018.
Sementara itu, MacBook Pro model 15 inci (2018) disenjatai dengan prosesor i7 enam core berkecepatan 2,6 GHz buatan Intel.

Baca juga: Perbandingan iPad Pro 2018 dan iPad Pro 2017, Perlukah Upgrade?

Kendati jumlah core lebih banyak, skor multi-core tercatat lebih rendah, yaitu sebesar 17.995 untuk iPad Pro dan 21.165 untuk MacBook Pro. 

Meski rendah, nilai multi core ini bisa dibilang mengesankan menimbang lawan iPad adalah sebuah MacBook yang notabene sebuah komputer.

Selain itu, platform tersebut juga mencatat model 'iPad8.8' ini disokong RAM sebesar 6 GB dan bisa jadi ada varian 4 GB.

Sebelumnya, Apple tidak mengumumkan besar RAM yang dimiliki iPad Pro pada saat peluncuran, hanya mengumumkan besar layar dan besar kapasitas penyimpanan di tablet terbaru itu.

Menariknya, terkait penyimpanan dan skor yang tidak terlampau jauh ini dapat dibandingkan dengan harga iPad yang bisa dibilang dua kali lebih mahal dari MacBook berdasarkan kapasitas penyimpanan.

Untuk ukuran tablet, iPad Pro (2018) sesumbar bisa menyaingi performa MacBook Pro (2018) dengan harga yang cukup 'terjangkau' dengan perbedaan sekitar 1.000 dollar AS (Rp 14,9 juta) lebih murah dari MacBook Pro (2018).

Meskipun pengguna harus menambah 179 dollar AS (Rp 2,6 juta) untuk aksesoris keyboard tambahan agar iPad Pro (2018) itu menyerupai sebuah laptop, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TrustedReviews, Senin (5/11/2018).

Perlu diketahui, skor performa SoC ini tidak mesti menjadi patokan yang menilai sebuah tablet, ponsel, atau komputer lebih baik daripada yang lain.

Ada beberapa pertimbangan seperti RAM, layar, dan keyboard untuk sebuah laptop (PC) yang mungkin unggul dari device portabel lainnya di segi performa grafik dengan konfigurasi RAM yang lebih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com