Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Ikut Patenkan Desain Ponsel dengan Layar Berlubang

Kompas.com - 12/11/2018, 19:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Tren bentuk notch di dunia smartphone perlahan berubah, dari "poni" lebar menjadi lebih kecil, lalu nanti mungkin akan berganti menjadi lubang di layar.

Beberapa pabrikan smartphone telah mengajukan beberapa paten desain layar smartphone semacam ini, dengan lubang di bagian atas layar sebagai tempat kamera depan.

Hal yang sama juga dilakukan pabrikan asal China, Huawei. Namun dari bocoran paten yang didaftarkan ke Badan Paten dan Merek Dagang AS (USPTO), lubang display yang dibuat Huawei bukan digunakan sebagai penampung kamera, melainkan earpiece.

Baca juga: Bocoran Foto Ungkap Asus ZenFone 6 Punya Layar Berlubang

Bentuk lubang itu pun bukan bundar seperti dalam rancangan layar di pabrikan lain, tapi elips, mengikuti bentuk earpiece.

Sisanya di bagian depan, tampak bentang layar yang luas dan minim bingkai. Desain ini berbeda dari desain layar berlubang lain, seperti yang dipamerkan Samsung misalnya, yakni model Infinity O atau desain milik LG yang bocor beberapa waktu lalu.

Sayangnya, paten Huawei menjelaskan detail soal kamera depan yang masih misterius akan ditempatkan di sisi mana. Desain ini agaknya berbeda dengan bocoran sebelumya, di mana lubang layar akan digunakan sebagai rumah kamera.

Namun dalam skema desain yang dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (12/11/2018), Huawei tetap menempatkan pemindai sidik jari di bodi belakang perangkat, tepat di bawah kamera.

Baca juga: Huawei Tak Terima Kamera P20 Pro Disebut Kalah dari Xiaomi Mi Mix 3

Belum diketahui alasan pasti mengapa Huawei mendedikasikan tempat khusus untuk earpiece. Kemungkinan, Huawei berkaca dari Xioami Mi Mix 3 yang menggunakan teknologi piezoelectic speaker untuk membenamkan earpiece di bawah layar.

Piezoelectric speaker memang berhasil menyembunyikan earpiece di balik layar, namun sayangnya kualitas suara yang dihasilkan belum maksimal.

Mungkin, jika benar paten ini akan diwujudkan, Huawei akan memprioritaskan kualitas audio di atas kamera depan, atau akan ada inovasi baru. Kepastiannya masih harus menantikan konfirmasi lebih lanjut dari Huawei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com