Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pixel 3 Bisa Kepanasan Sampai Mati Sendiri Saat Isi Baterai

Kompas.com - 13/11/2018, 06:56 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Selepas peluncurannya pertengahan Oktober lalu, ponsel bikinan Google, Pixel 3, terus diserang isu seperti masalah manajemen memori hingga foto yang tidak tersimpan.

Belum kelar persoalan itu, masalah baru kembali muncul. Kali ini sang ponsel dilaporkan mengeluarkan panas berlebih (overheating).

Permasalahan tersebut muncul ketika Pixel 3 diisi dayanya melalui wireless charging atau charging via kabel USB-C, lalu dipakai melakukan hal lain seperti menonton video atau video call.

Menurut beberapa laporan pengguna di Reddit dan sosial media, pada saat inilah ponsel bisa terasa sangat panas sehingga menampilkan notifikasi "Phone is getting warm" yang berarti temperatur ponsel meningkat dan melebihi batas normal.

Baca juga: Google Luncurkan Pixel 3 dan Pixel 3 XL dengan Kamera Selfie Ganda

Kemudian, Pixel 3 bakal tiba-tiba mati sendiri untuk mencegah kerusakan hardware akibat suhu berlebih. Ketika menyala kembali, akan ditampilkan pesan berbunyi “Ponsel dimatikan karena panas”.

Notifikasi yang ditampilkan Google Pixel 3 usai mati sendiri karena kepanasan. 9to5 Google Notifikasi yang ditampilkan Google Pixel 3 usai mati sendiri karena kepanasan.
Masalah Pixel 3 kepanasan terjadi baik saat pengguna memakai charger original bikinan Google maupun third party. Belum jelas apakah saudaranya, Pixel 3 XL yang bertubuh lebih besar, ikut terdampak atau tidak.

Saat kepanasan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5 Google, Selasa (13/11/2018), Pixel 3 turut menurunkan daya pengisian baterai sehingga jauh lebih lambat. Bahkan, presentase baterai malah bisa menurun selagi ponsel masih terhubung ke charger.

Ponsel lumrah menjadi panas ketika dipakai saat sedang charging, tapi biasanya bisa tak sampai mati sendiri seperti pada kasus Pixel 3.

Baca juga: Disiksa, Google Pixel 3 XL Ternyata Gampang Tergores

Google belum memberikan pernyataan soal masalah overheating Pixel 3. Berapa banyak perangkat yang terdampak ataupun jumlahnya dan penyebabnya juga masih belum jelas.

Apabila persoalannya berakar pada bug software, mungkin nanti bisa diperbaiki dengan update firmware.

Namun, sejauh ini solusi yang efektif adalah menukar dengan unit baru. Segelintir pemilik Pixel 3 yang melakukannya melaporkan bahwa unit baru tak memiliki masalah overheating.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com