Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gboard Pakai AI untuk Sarankan Emoji dan Stiker saat Chatting

Kompas.com - 13/11/2018, 18:59 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Google mengumumkan fitur baru untuk Gboard. Keyboard besutannya tersebut akan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk merekomendasikan GIF, emoji, dan stiker saat pengguna sedang chatting.

Ketika pengguna mengetikan kata atau kalimat, ikon "GIF" akan muncul menggantikan logo Google di pojok kiri atas. Kemudian ketuk ikon tersebut untuk membuka rekomendasi dari AI Google yang disesuaikan dengan konteks kata yang diketik pengguna.

Misalnya, ketika pengguna menulis "saya mengantuk", lantas Gboard akan memunculkan emoji dengan ekspresi mengantuk. Atau ketika pengguna ingin membalas pesan "selamat pagi", akan muncul rekomendasi GIF bertema sarapan atau yang lainnya.

Baca juga: Aplikasi Keyboard Gboard Kini Bisa Bikin Stiker dari Selfie

Sayangnya, fitur ini baru disebar untuk pengguna yang memasang input bahasa Inggris di perangkat Android miliknya. Google berjanji akan menambahkan beberapa bahasa yang bisa menyesuaikan dengan fitur ini.

Dalam pengumumannya, Google tidak menyebut apakah fitur ini akan meluncur juga di perangkat iOS, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Selasa (13/11/2018).

Menurut Google, semua rekomendasi dibuat dan diproses langsung di dalam perangkat Android, bukan dengan mengirimkan informasi ke server Google lalu mengirimkan saran kembali ke pengguna. 

Baca juga: Gboard di Android dan iOS Bisa Bikin Emoji dari Selfie, Begini Caranya

Cara ini bisa mempersingkat waktu untuk memberikan rekomendasi emoji, stiker, datau GIF untuk dibubuhkan. Google menyebut bahwa semua proses dilakukan secara pribadi tanpa menggunakan bantuan pihak ketiga.

Rumor tentang fitur ini sebenarnya sudah lama beredar. September lalu, Google sempat disebut tengah menyiapkan cara untuk membuat percakapan pesan lebih baik dengan membuat rekomendasi GIF dan emoji lebih cepat pada Gboard.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com