Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Resmikan Chip Exynos 9820 untuk Galaxy S10

Kompas.com - 15/11/2018, 12:12 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung, sang raksasa elektronik asal Korea Selatan, pekan ini memperkenalkan System-on-Chip (SoC) terbarunya, Exynos 9820.

Sebagaimana Exynos 9810 di Galaxy S9 sebelumnya, Exynos 9820 diperkirakan akan hadir perdana di smartphone flagship Samsung untuk tahun depan, Galaxy S10.

Exynos 9820 dibekali sejumlah peningkatan, seperti proses fabrikasi 8nm dan delapan core CPU yang terbagi menjadi tiga cluster untuk pertama kalinya di SoC Samsung.

Cluster pertama berisi dua core CPU custom berkinerja tinggi racikan Samsung sendiri. Lalu, cluster kedua dan ketiga masing-masing berisi dua inti CPU Cortex-A75 dan empat inti CPU Corex-A55 hemat daya.

Samsung mengklaim kinerja single-core CPU Exynos 9820 lebih tinggi 20 persen dibandingkan chip terdahulu, sementara konsumsi dayanya 40 persen lebih efisien.

“Selain itu, kinerja multi-core juga meningkat sekitar 15 persen,” sebut Samsung dalam keterangan resminya.

Pengolah grafis (GPU) yang tertanam di Exynos 9820 adalah Mali-G76 terbaru dengan klaim kinerja 40 persen lebih tinggi berikut konsumsi daya 35 persel lebih rendah.

Samsung turut membenamkan prosesor khusus (NPU, Neural Processing Unit) untuk mengolah tugas-tugas terkait fungsi kecerdasan buatan (AI) sehingga bisa langsung diproses di perangkat.

“NPU akan membuka pengalaman baru seperti penyesuaian setting kamera secara instan berdasarkan lingkungan sekitar atau mengenali obyek di setting Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR),” imbuh Samsung.

Exynos 9820 belum memiliki modem 5G, tapi ada dukungan 4G LTE Advanced Pro dengan kecepatan downlink maksimal 2 Gbps dan uplink 316 Mbps lewat 8x carrier agregation, 4x4 MIMO, 256-QAM, dan eLAA.

Fitur lain termasuk dukungan perekaman video 8K 30 FPS, encoding dan decoding video 4K 150 FPS, serta teknologi storage UFS 2.1 dan UFS 3.0.

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Kamis (15/11/2018), Exynos 9820 rencananya akan mulai diproduksi masal akhir tahun ini. Sementara, Galaxy S10 diperkirakan akan muncul pada kuartal pertama tahun depan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com