Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Tak Sengaja Beli Babi dan Merak di "Hari Jomblo"

Kompas.com - 15/11/2018, 14:12 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Hari Jomblo yang jatuh pada 11 November atau kerap diistilahkan “11.11” adalah momen tepat untuk belanja online. Layanan e-commerce biasanya berbondong-bondong memasang diskon jumbo.

Momen ini pun tak dilewatkan seorang pria di China yang belanja di dua platform sekaligus, yakni Taobao (anak usaha raksasa Alibaba) dan JD.com. Uniknya, ia malah belanja barang-barang yang tak ia butuhkan.

Kala itu ia sedang mabuk dan tak sadar membeli babi Thailand, merak biru, serta spesies amfibi berbobot 1,4 kg. Masing-masing secara berurutan seharga 278 yuan (Rp 590.000-an), 390 yuan (Rp 828.000-an), dan 288 yuan (Rp 218.000-an).

Patokan harga tersebut bisa dibilang murah, sebab normalnya merak biru bahkan lebih mahal ketimbang merak hijau. Harga pasaran untuk anak merak biru sekitar Rp 7 jutaan, sementara yang dewasa bisa mencapai Rp 40 jutaan.

Baca juga: Alibaba Catat Rekor Penjualan Rp 454 Triliun di Festival Hari Jomblo

Kendati murah, tetap saja sang pria menyesal, karena sejatinya bukan hewan yang ingin dia beli, melainkan baju yang memang dibutuhkan.

“Saya mengklik Taobao dan mulai belanja. Saya pikir hanya membeli dua pasang baju,” ia bercerita.

“Lalu tiba-tiba saya mengecek tanggal pengiriman baju, dan sadar bahwa saya juga telah membeli seekor babi dan merak,” ia menambahkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (15/11/2018), dari SCMP.

Perdagangan hewan merupakan hal wajar di China, selama hewan tersebut tak berbahaya. Pengiriman hewan via kurir pun legal di Negeri Tirai Bambu.

Untuk kasus pria China salah beli hewan, belum jelas bagaimana kelanjutannya. Yang jelas, kisah ini menjadi viral di media sosial dan aplikasi pesan singkat.

Diketahui, hari Jomblo dibuat raksasa e-commerce Alibaba 10 tahun lalu, sebagai lawan hari Valentine. Mekanismenya serupa Black Friday di Amerika Serikat, di mana masyarakat dimanjakan dengan pesta diskon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com