Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S8 dan Note 8 Dipastikan Kebagian Antarmuka Baru Samsung

Kompas.com - 16/11/2018, 06:53 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Samsung memamerkan antarmuka teranyar bertajuk “One UI”, pada ajang konferensi pengembang, pekan lalu. Fokus One UI adalah memberikan kenyamanan penggunaan alias user experience (UX) sebaik mungkin.

Samsung memastikan One UI bakal hadir dalam versi beta pada akhir bulan ini untuk seri-seri Galaxy termutakhir (S9, S9 Plus, Note 9). Versi finalnya ditargetkan rampung pada Januari 2019.

Lantas bagaimana nasib ponsel lawas Samsung? Pekan ini sang pabrikan Korea Selatan tersebut memastikan Galaxy S8, S8 Plus, dan Note 8 akan kebagian One UI.

Trio handset premium itu merupakanh keluaran 2017. Dirangkum KompasTekno dari 9to5 Google, Jumat (16/11/2018), Samsung sendiri belum mengungkap kapan pastinya bakal mengantarkan One UI ke tiga ponsel tersebut.

Yang jelas, One UI diproyeksikan untuk meningkatkan kerapian dan memudahkan navigasi, sehingga penjajalan lebih efektif dan efisien. Salah satu yang bakal tampak perbedaannya adalah tampilan notifikasi.

Baca juga: Melihat One UI, Antarmuka  Masa Depan untuk Ponsel Samsung

Pada One UI, notifikasi dibuat lebih relevan dan mudah direspon. Misalnya saja ada notifikasi dari “My Schedule”, maka akan ditampilkan agenda beserta waktunya, serta pengaturan yang bisa diakses dalam satu ketukan.

Selain itu, aplikasi bawaan Samsung juga hadir berbeda dengan tampilan yang terbagi dua. Misalnya saja aplikasi “Message”, di mana bagian atasnya terlihat sebagai area pratinjau (viewing area).

Sementara itu, pada bagian bawah akan ditemui berbagai opsi semacam daftar isi pesan, lengkap dengan nama dan foto pengirim. Ada pula mode gelap untuk mengurangi risiko mata lelah akibat terpapar layar terus-menerus.

Bahasa desain One UI pun tampak lebih bercita rasa tinggi, elegan, dan modern. Selengkapnya, mari kita tunggu kehadiran One UI dalam versi final tahun depan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com