Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikon Berambisi Ungguli Sony dan Canon di Pasar Kamera "Full-Frame"

Kompas.com - 16/11/2018, 17:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Tahun ini, beberapa pabrikan kamera menelurkan kamera mirrorless full-frame. Sebut saja, Canon, Nikon, bahkan Panasonic sekalipun.

Canon dan Nikon mulai mengusik dominasi kamera mirrorless full-frame Sony yang selama ini merajai segmen tersebut. Tapi Nikon agaknya punya ambisi lebih tinggi.

Bukan sekadar menaklukan Sony yang merajai pasar mirrorless full-frame, tapi juga menekuk Canon di pasaran DSLR full-frame.

"Tujuan kami adalah menjadi nomor satu di pasar full-frame baik mirrorless dan DSLR," umbar salah satu eksekutif Nikon dalam acara Photokina yang berlangsung di Jerman beberapa waktu lalu.

Baca juga: Nikon Umumkan Kamera Mirrorless "Full Frame" Z6 dan Z7

Sang eksekutif berujar pihaknya akan mengerahkan segala cara untuk memenuhi target ambisius tersebut. "Kami yakin bahwa kami bisa mencapai posisi nomor satu mungkin sesegera mungkin," imbuhnya.

Ketika ditanya soal capaian penjualan, Nikon mengatakan bahwa penjualan kamera full-frame seri Z6 dan Z7 sangat memuaskan sejauh ini.

Kendati demikian, permintaan Nikon Z6 dan Z7 disebut tidak mencaplok pasar kamera DSLR full-frame Nikon D850 yang diklaim penjualanya masih tinggi dan stabil.

"Karena DSLR dan mirrorless memiliki kelebihan dan kegunaan yang berbeda, mereka bisa beriringan," ujar Nikon.

Menurut Nikon, kedepannya, pasar kamera digital akan beralih ke mirrorless. Seperti dirangkum KompasTekno dari Peta Pixel, Jumat (15/11/2018), Nikon menaksir pangsa mirrorless saat ini sekitar 40 persen di pasaran kamera.

"Pada 2020 dan seterusnya, kami memprediksi bahwa mirrorless akan melampaui DSLR," tambahnya.

Baca juga: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

Pada Oktober lalu, Sony memiliki pangsa kamera mirrorless full-frame di Jepang sebesar 67 persen. Sementara, pangsa Canon dan Nikon di segmen ini secara berurutan mencapai 22,1 persen dan 10,4 persen.

Di Jepang, Canon menjadi pemuncak posisi untuk penjualan kamera mirrorless non-full frame. Kamera seri EOS M50 APS-C mirrorless menjadi yang paling laris.

Sementara di Amerika Serikat, Sony telah merajai pasar kamera full-frame (mirrorless dan DSLR), mengambil alih posisi Canon dalam hal jumlah penjualan dan pendapatan di awal tahun 2018.

Ambisi menjadi nomor satu tidak hanya dimiliki oleh Nikon saja, Sony pun memiliki target menjadi merek nomor wahid di dunia fotografi pada tahun 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com