Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Hapus Stiker WhatsApp dari App Store

Kompas.com - 21/11/2018, 18:33 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber digit.in

KOMPAS.com - Kehadiran fitur stiker di WhatsApp mendapat sambutan cukup positif. Dilihat dari banyaknya pengguna yang menuangkan kreativitasnya untuk membuat stiker karya sendiri.

Sayangnya, belum lama fitur tersebut dirilis, WhatsApp dikabarkan akan menariknya dari paltform iOS. Informasi ini pertama kali disebar oleh WABetaInfo di akun Twitternya.

Akun yang jarang meleset menerka fitur baru WhatsApp ini mengatakan bahwa WhatsApp diduga melanggar pedoman Apple.

Ada tiga alasan utama yang dipaparkan mengapa stiker WhatsApp ditarik dari Apple Apps Store. Pertama, menurut Apple, ada banyak aplikasi yang memiliki fitur stiker serupa.

Kedua, untuk menggunakan fitur stiker tentu saja pengguna harus memasang aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Namun, Apple mengharuskan sebuah aplikasi tidak membutuhkan aplikasi lain untuk digunakan. Terakhir, semua desain aplikasi WhatsApp Sticker sama.

Fitur stiker di WhatsApp diluncurkan akhir Oktober lalu di paltform Android dan iOS. Saat bergulir, sebaran fitur ini pun cukup lama merata.

Entah kebetulan atau tidak, laporan ditariknya fitur stiker di Apple Apps Store setelah kabar Mark Zuckerberg yang meminta seluruh eksekutif Facebook menggunakan ponsel Android, alih-alih iPhone.

Baca juga: Marah, Zuckerberg Minta Petinggi Facebook Ganti iPhone dengan Android

Ada beberapa opsi stiker bawaan yang bisa dipilih pengguna, seperti Unchi & Rollie, Shiba Inu, Cuppy, Salty, Komo, Bibimbap Friends dan masih banyak lagi. Selain memilih stiker yang sudah ada, pengguna juga bisa membuat stiker sendiri dan dibagikan ke pengguna lain.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Digit India, Rabu (21/11/2018), sang bos besar Facebook yang juga menginduki WhatsApp ini kesal setelah mendapat kritik dari CEO Apple Tim Cook tentang model monetisasi yang digunakan Facebook.

Baca juga: Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Foto Wajah Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com