Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

23 November 1992, Prototipe "Smartphone" Pertama Diperkenalkan

Kompas.com - 23/11/2018, 11:41 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Era digital berkembang begitu cepat. Banyak teknologi digital yang terus mengalami pembaruan dari waktu ke waktu. Perusahaan teknologi pun mengembangkan produk terbaru, terutama perangkat yang ditujukan untuk pasar konsumen.

Salah satu produk teknologi yang mengalami perkembangan pesat adalah telepon. Sejak Alexander Graham Bell menemukan telepon, banyak perusahaan yang terus mengembangkan teknologi komunikasi itu.

Hingga akhirnya, muncul era lahirnya smartphone, ponsel pintar dengan sejumlah fitur canggih yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Hari ini 26 tahun yang lalu, tepatnya pada 23 November 1992, smartphone pertama diperkenalkan. Smartphone yang diberi nama IBM Simon itu diperkenalkan dalam acara EXPO COMDEX di Las Vegas Amerika Serikat.

Sejak era itu, IBM Simon tercatat sebagai smartphone pertama dunia.

Dalam acara itu, IBM Simon menjadi perhatian banyak kalangan karena merupakan gabungan antara ponsel dan personal digital assistant (PDA) dalam satu perangkat. Hal ini memungkinkan seseorang bisa menelepon dan menerima panggilan, faksimili, dan membuat email.

Tak hanya itu saja, IBM Simon memiliki fitur yang ada dalam PDA seperti kalender, buku alamat dan notepad, tetapi juga aplikasi lain seperti peta, saham dan berita.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Aplikasi Instagram Dirilis...

Pengembang

Dilansir dari Bloomberg Businessweek, ponsel pintar ini dikembangkan oleh IBM dan perusahaan seluler Amerika, BellSouth. IBM menyebutnya sebagai "Simon" karena lebih sederhana dan bisa melakukan apa pun yang diinginkan pengguna.

Ponsel pintar ini memiliki desain yang tebal dan panjang. IBM Simon memiliki layar sentuh, yaitu touchscreen monokromatik dengan resolusi 160×293 pixels dan didukung 4,5 inch.

Dari sisi penyimpanan, Simon memiliki 1 Mb RAM dengan didukung kartu memori 1,8 Mb, serta baterai nikel Kadmium yang hanya mampu bertahan selama satu jam pemakaian.

IBM Simon bisa disebut lebih mirip perangkat komunikasi radio walkie-talkie ketimbang telepon seluler. Ponsel seberat 0,5 kilogram (500 gram) itu populer di kalangan pebisnis yang menginginkan telepon seluler sekaligus komputer mini.

IBM Simon.BBC IBM Simon.

Jika dilihat dengan seksama dan dibandingkan dengan teknologi sekarang memang tak sebanding, namun di era 1990-an itu sudah menjadi hits.

Ketika itu, IBM Simon menyertakakan fitur-fitur simpel seperti kalender, fax modem, penyimpanan telepon, kalkulator, notepad, email dan permainan sederhana.

Perkembangan

BellSouth Cellular menjual sekitar 50.000 unit selama enam bulan produk itu beredar di pasaran. Harga yang ditawarkan adalah 899 dollar yang ketika itu dinilai sangatlah mahal.

Karena faktor tersebut, IBM Simon menghilang dari peredaran sekitar dua tahun sejak diluncurkan. Kini, IBM Simon yang telah berumur 20 tahun dipajang dalam pameran Museum Sains London.

Meskipun istilah smartphone belum ada hingga 1995, namun karena fitur dan kemampuannya, Simon pun banyak dianggap sebagai smartphone pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com