Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek Diprediksi Sulit Penuhi Target Pengiriman Chip

Kompas.com - 28/11/2018, 07:05 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Perusahaan komponen semikonduktor asal Taiwan, MediaTek diprediksi kesulitan untuk memenuhi target pengiriman chip tahun ini. Hal ini dikarenakan pendapatan MediaTek pada awal kuartal empat 2018 menurun di banding kuartal sebelumnya.

Angka pendapatan pada awal Oktober lalu tercatat menurun sebesar 9,8 persen dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh di bulan September.

Secara garis besar, angka ini membuat MediaTek mengalami penurunan sebesar 0,84 persen dari periode yang sama di 2017 lalu.

Penurunan pendapatan ini dipicu oleh turunnya jumlah pengapalan ponsel yang menggunakan system-on-chip (SoC) MediaTek di pasar.

Baca juga: MediaTek Siapkan "Face ID" ala iPhone X untuk Android Murah

Meski chip teranyar MediaTek Helio P70 diprediksi akan diterima dengan baik oleh publik, hal tersebut diprediksi masih belum bisa membuat MediaTek mencapai target.

Di sisi lain, Qualcomm yang notebene adalah rival dari MediaTek, bertindak lebih sporadis. Qualcomm gencar merambah pasar chip kategori kelas menengah dengan merilis Snapdragon seri 700.

Dengan demikian, Hal tersebut membuat MediaTek semakin tergerus dan kesulitan bergerak untuk mencapai target pengapalan.

Selain itu, keputusan MediaTek pada 2017 lalu untuk mengurangi chip kelas atas dan lebih fokus di segmen menengah juga ditengarai memiliki pengaruh yang besar.

Baca juga: Realme U Dikonfirmasi Pakai Chip Helio P70

Keputusan ini kemudian meninggalkan celah yang membuat Qualcomm dapat semakin bebas bergerak. Qualcomm juga bisa meraih pangsa pasar chip yang lebih besar untuk segmen kelas atas.

Dikutip KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (27/11/2018), MediaTek awalnyya menargetkan peningkatan jumlah pengapalan sampai 10 persen hingga akhir tahun 2018 ini.

Namun, hingga kini jumlah permintaan pasar untuk chip MediaTek masih sama dengan kuartal sebelumnya sehingga target kenaikan untuk pengapalan chip sulit diraih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com