Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Instagram Bantu Tunanetra Melihat Posting-an

Kompas.com - 29/11/2018, 14:13 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Jejaring sosial berbagi foto, Instagram menggulirkan fitur kemudahan akses terbaru. Fitur tersebut bertujuan memudahkan pengguna yang memiliki keterbatasan visual (tunanetra) dalam membuka Instagram.

Informasi ini tercantum di blog resmi Instagram, yang menyebutkan bahwa perusahan anakan Facebook tersebut memiliki dua pembaruan tentang fitur terkait.

Pertama, ada fitur automatic alternative text. Dengan fitur ini, pengguna tunanetra dapat mendengar deskripsi gambar apa yang sedang mereka lihat, beserta dengan captionnya.

Bagaimana bisa? Instagram rupanya menggunakan teknologi AI object recognition di mana sang aplikasi akan menyebutkan beberapa objek benda yang tampil di dalam sebuah foto.

Ilustrasi alternative textThe Verge Ilustrasi alternative text

Tak hanya foto yang sedang dilihat, fitur yang disebut 'alt-text' itu juga akan mendikte seluruh konten di tab Explore, Profile, dan Feed mereka, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (29/11/2018).

Selain itu, ada fitur custom alternative text yang memudahkan pengguna memepercantik deskripsi foto, sebelum konten diunggah ke Instagram, yang bisa diakses dari menu Advanced Settings sebelum mengunggah postingan.

Nah, deskripsi yang dimasukkan lewat custom alternative text ini juga bakal dibacakan ke pengguna tunanetra, melalui fitur screen reader ponsel, selain penggambaran objek yang ada di dalam foto melalui suara.

Ini merupakan langkah awal Instagram untuk memberikan kemudahan akses bagi semua orang, terkhusus penyandang disabilitas, agar aplikasinya dapat dinikmati khalayak secara merata.

Kendati demikian, KompasTekno sempat mengecek keberadaan fitur ini di aplikasi Instagram, Kamis (29/11/2018) dan belum tersedia di Indonesia. Belum tahu kapan kemudahan akses ini akan menyambangi Indonesia. Kita tunggu saja.

Ini adalah pertama kalinya bagi Instagram merilis fitur bagi tunanetra. Sebelumnya, jejaring sosial induk Facebok diketahui telah lebih dulu meluncurkan fitur serupa. Fitur itu sendiri sudah digulirkan sejak 2016 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com