Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tulisan Tangan Steve Jobs Dilelang Rp 857 Juta

Kompas.com - 04/12/2018, 14:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Bonhams

KOMPAS.com - Pendiri Apple, Steve Jobs, dikenal sebagai sosok yang inovatif dan “out of the box”. Tak heran jika banyak orang mengidolakannya sampai sekarang, meski telah meninggal dunia sejak 2011 lalu.

Bahkan, tak sedikit yang rela merogoh kocek ratusan juta rupiah untuk mengoleksi peninggalan pribadi Steve Jobs. Misalnya saja kartu nama pertama, surat lamaran kerja, hingga lembaran cek yang ia berikan ke sang mantan kekasih Tina Redse.

Tulisan tangan Steve Jobs yang mendeskripsikan spesifikasi Apple-1 hendak dilelang. Bonhams Tulisan tangan Steve Jobs yang mendeskripsikan spesifikasi Apple-1 hendak dilelang.
Yang teranyar, tulisan tangan Steve Jobs yang mendeskripsikan spesifikasi komputer perdana Apple-1 pun hendak dilelang pada Rabu (5/12/2018) besok, oleh lembaga pelelangan Bonhams, di New York, Amerika Serikat.

Harga bukaannya belum ditetapkan, tetapi kisarannya di angka 60.000 dollar AS (Rp 857 jutaan).

Pemenang lelang nantinya bakal diberikan bonus berupa dua lembar foto polaroid yang menunjukkan papan sirkuit Apple-1.

“Manuskrip ini adalah lembar spesifikasi komputer yang diberikan kepada orang yang hendak memasarkan Apple-1 saat berkunjung ke garasi Steve Jobs,” begitu tertulis pada dekripsi pelelangan.

Baca juga: Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Laku Dijual Rp 2,3 Miliar

Dalam lembaran bersejarah tersebut, Steve Jobs juga menyertakan alamat dan nomor teleponnya. Kala itu ia masih tinggal dengan orang tua angkatnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (4/12/2018), dari situs resmi Bonhams.

Selain tulisan tangan Steve Jobs, Bonhams juga bakal melelang beberapa barang menarik lainnya. Salah satunya unit komputer Apple-1 yang diperkirakan terjual antara 250.000 hingga 350.000 dollar AS (Rp 3,5 miliar hingga Rp 5 miliar).

Ada pula mikro komputer Apple Lisa yang hendak dilelang di kisaran 30.000 hingga 50.000 dollar AS. Dalam rupiah, nominalnya menjadi Rp 430 jutaan hingga Rp 710 jutaan.

Anda berminat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com