Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Flagship OnePlus Bakal Gunakan Snapdragon 855

Kompas.com - 06/12/2018, 07:54 WIB
Laksono Hari Wiwoho,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

HAWAII, KOMPAS.com - Ponsel flagship dari OnePlus akan menjadi salah satu vendor pertama yang menggunakan system-on-chip terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 855.

Hal itu terungkap dalam paparan pendiri dan CEO OnePlus Pete Lau di hari kedua Snapdragon Tech Summit 2018, Rabu (5/12/2018) siang waktu setempat atau Kamis (6/12/2018) dini hari waktu Indonesia.

Dalam penjelasan singkatnya, Pete tidak menyebutkan nama ponsel OnePlus yang menggunakan chipset yang bisa digunakan untuk koneksi 5G tersebut.

Baca juga: Qualcomm Perkenalkan Chip Snapdragon 855

Modem built-in yang tertanam pada Snapdragon 855 adalah X24 untuk koneksi 4G/3G/2G. Dukungan 5G bersifat opsional lewat penambahan chip modem X50 secara terpisah. 

Pete menyatakan bahwa OnePlus akan menghadirkan ponsel 5G pertama di Eropa dengan menggandeng operator EE.

"Kami yakin akan menjadi ponsel 5G pertama di Eropa," kata Lau melalui penerjemah.

Pete tidak menyebutkan kapan ponsel OnePlus dengan Snapdragon 855 akan diluncurkan. Yang pasti, produk itu akan tersedia di semester pertama tahun depan.

Selain OnePlus, produk ponsel 5G dari Samsung yang menggunakan Snapdragon 855 juga akan hadir dalam kurun waktu yang sama.

Catatan redaksi:

Pada Jumat (7/12/2018) pukul 06.06 WIB, redaksi mengubah judul asli artikel, yakni "Ponsel OnePlus Bakal Jadi yang Pertama Gunakan Snapdragon 855".

Perubahan dilakukan karena OnePlus mengoreksi presentasi dalam bahasa Inggris dari Pete Lau, yang menyatakan bahwa ponsel OnePlus akan menjadi pemilik pertama Snapdragon 855.

Dalam penjelasannya kepada Engadget, juru bicara OnePlus menyatakan bahwa ada kesalahan penerjemahan dalam presentasi tersebut. Adapun presentasi dalam bahasa China menyebutkan bahwa OnePlus menjadi "salah satu dari pengguna pertama" Snapdragon 855.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com