Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Resmikan Snapdragon 8cx, Chip Paling "Ekstrim" untuk Laptop

Kompas.com - 07/12/2018, 09:08 WIB
Laksono Hari Wiwoho,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

HAWAII, KOMPAS.com - Produsen semikonduktor Qualcomm Technologies memperkenalkan Snapdragon 8cx, chip laptop (PC) pertama di dunia yang dibuat dengan proses fabrikasi 7 nanometer.

Pengumuman tentang Snapdragon 8cx ini dilakukan pada hari ketiga acara tahunan Snapdragon Tech Summit 2018 di Maui, Hawaii, Kamis (6/12/2018) pagi waktu setempat.

Huruf "x" pada akhir namanya merupakan singkatan dari kata "extreme". Snapdragon 8cx dijanjikan bakal memberikan kinerja "ekstrim" karena dibekali jeroan paling bertenaga yang ada sekarang, setidaknya untuk ukuran chip ARM besutan Qualcomm.

Di dalam Snapdragon 8cx tertanam delapan inti (core) CPU Kryo 495, GPU Qualcomm Adreno 680, serta Digital Signal Processor Hexagon 690.

Baca juga: Snapdragon 855 dengan Teknologi 5G, Bisa Apa Saja?

Senior Director of Product Management for Qualcomm Technologies Miguel Nunes mengatakan, kinerja Adreno 680 dua kali lebih tinggi dari GPU milik Snapdragon 850 atau 3,5 kali lebih kencang dari GPU di Snapdragon 835.

Adapun CPU Kryo 495 diklaim dua kali lebih cepat dibanding kompetitor, tetapi dengan konsumsi baterai lebih hemat. "Daya tahannya berhari-hari, bukan hitungan jam lagi," kata Nunes.

Tampilan chipset Snapdragon 8cxKOMPAS.com/LAKSONO HARI W Tampilan chipset Snapdragon 8cx

Keunikan lain dari chip tersebut adalah tambahan teknologi QualcommQuick Charge 4+ untuk mempercepat waktu isi ulang baterai.

Snapdragon 8cx juga dilengkapi modem Snapdragon X24 LTE sehingga PC dapat selalu terhubung ke internet dengan kecepatan transfer hingga 2 Gbps.

Chip ini memang dimaksudkan untuk kategori perangkat Always Connected PC (laptop dan 2-in-1) yang dibekali slot kartu SIM dan menjalankan sistem operasi Windows 10.

Satu lagi yang menjadi andalan 8cx adalah kemampuannya berbagi tampilan visual ke dua monitor 4K High Dynamic Range (HDR).

Saat ini, Qualcomm masih melakukan sampling Snapdragon 8cx kepada konsumen. Produk komputer bertenaga Snapdragon 8cx diharapkan mulai hadir pada paruh kedua 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com