Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kerja di Google? Ini yang Harus Dipersiapkan

Kompas.com - 09/12/2018, 14:15 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bekerja di perusahaan raksasa sekelas Google pasti menjadi impian banyak orang. Tak mudah untuk diterima sebagai karyawan di raksasa teknologi itu.

Untuk lolos seleksi, memiliki keterampilan saja tak cukup. Perlu kiat-kiat khusus agar bisa mendapatkan pekerjaan bergengsi ini.

Google mengatakan, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menemukan posisi yang kita inginkan dan berusaha untuk mendapatkannya.

Kita bisa melakukan ini dengan berfokus pada resume. Soroti pencapaian kita dengan menjelaskan keterampilan dan pengalaman.

Google juga menyarankan kita untuk membuat surat lamaran dan riwayat kerja yang singkat. Setelah mengirimkan lamaran, perhatikan kualifikasi yang tercantum pada deskripsi pekerjaan.

Jika berhasil mencapai tahap wawancara, buanglah semua keraguan. Biasanya, Google menerima lebih dari tiga juta lamaran per tahun dan hanya 7.000 orang yang direkrut.

Jadi, kita harus siap berbicara dengan calon rekan atau manajer lewat wawancara telepon atau lewat video call.

Pada menit ke-30 hingga 60 sesi wawancara, pihak Google akan menanyakan perihal tingkah laku, hipotetis, atau pertanyaan mengenai suatu kasus.

Jika kita mengajukan lamaran pada posisi rekayasa perangkat lunak, prosesnya sedikit lebih ketat.

Posisi tersebut juga mengharuskan pelamar memiliki headset hands-free untuk digunakan saat wawancara . Mereka juga diminta menulis "sekitar 20-30 baris kode" dalam dokumen Google.

Untuk wawancara di tempat, yang terdiri dari wawancara dengan empat karyawan Google, masing-masing berlangsung selama 30 hingga 45 menit, pelamar akan dievaluasi pada “kemampuan kognitif umum, kepemimpinan, pengetahuan terkait peran, dan Google.

Untuk wawancara secara langsung, biasanya dilakukan oleh empat karyawan Google yang masing-masing berlangsug 30 hingga 45 menit.

Pada tahap ini, pelamar akan dievaluasi kemampuan kognitif, umum, kepemimpinan dan pengetahuan akan posisi yang dilamar dan pemahamannya tentang Google.

Untuk persiapan, sebaiknya kita melakukan prediksi dengan menuliskan daftar 20 pertanyaan teratas yang mungkin akan ditanyakan.

Baca juga: Berapa Gaji Rata-rata Karyawan Google?

Kita juga bisa menceri referensi mengenai pertanyaan wawancara lewat internet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com