Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal 4G Indosat Diperluas ke Sumatera Utara

Kompas.com - 12/12/2018, 10:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Operator seluler Indosat Ooredoo meresmikan perluasa jaringan 4G Plus di Sumatera Utara, wilayah keempat perluasan jaringan Indosat Ooredoo tahun ini.

Sebelumnya, perusahaan benuansa kuning itu telah melakukan perluasan jaringan 4G Plus di tiga daerah lain, yakni Provinsi Lampung, Kalimatna Selatan, dan Sualwesi Selatan.

"Sebagai komitmen kami di tahun 2018 untuk Indonesia, kami meluncurkan jaringan 4G Plus di empat kota," jelas Haroon S Hameed, Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, di kantor pusat Indosat di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

"Di tahun ini kami telah merilisnya di Lampung pada bulan April, kemudian Banjarmasin dan Makasar pada bulan September, dan kami sangat bangga meluncurkannya di kota keempat, yakni Medan pada hari ini," imbuhnya.

Haroon mengatakan bahwa Indosat Ooredoo menempatkan 586 titik 4G Plus baru di Medan yang tersebar di 250 kecamatan dan 29 kabupaten.

Dengan perluasan jaringan ini, Indosat mengklaim bahwa 94 persen wilayah Medan terpapar jaringan 4G Plus, naik dari persentase sebelulmnya sebesar 38 persen.

Baca juga: Pengguna Keluhkan FUP di Paket Internet Berkuota, Ini Kata Indosat

Sementara untuk provinsi Sumatera Utara, Indosat sesumbar telah merengkuh 80 persen jangkauan populasi, naik dari sebelumnya sebesar 27 persen.

Jaringan 4G Plus yang digelar Indosat Ooredoo menerapkan metode Carrier Agregation (CA).
Metode ini menggabungkan lebh dari dua frekuensi yang berbeda, misalnya frekuensi 1.800 dan 2.100 MHz.

Dengan menggabungkan frekuensi ini, kecepatan akses diharapkan akan meningkat.
Kecepetan maksimal yang ideal untuk jaringan 4G Plus diklaim mencapai 450 Mbps untuk kecepatan single user.

"Tapi kecepatan yang diperoleh masing-masing pelanggan akan berbeda tergantung kondisi network," jelas Joko Riswadi, Division Head RAN/Access NSAS Indosat Ooredoo.

Indosat akan terus melanjutkan program pengembangan jaringan 4G Plus di base transceiver station (BTS) yang sudah ada saat ini, hingga Februari 2019 .

Inodsat masih berambisi untuk menyebar jaringan 4G Plus ke seluruh Indonesia, terutama di daerah terpencil yang belulm terjamah jaringan 4G Plus.

Saat ini, secara nasional, Indosat mengklaim bahwa jaringan 4G Plus telah mencapai cakupan populasi sebesar 80 persen, di mana 95 persen terpusat di Pulau Jawa.

"Di luar Jawa masih banyak pasar potensial yang belum tersentuh," imbuh Suhendri Naswil, 4G Project Indosat Ooredoo.

Ada tiga pendekatan yang disebutkan Indosat untuk mencapai target 4G Plus dalam skala nasional, yakni meningkatkan kapaistas dan kecepatan, meningkatkan coverage, serta meningkatkan kualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com