Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia Umumkan Mendapat Suntikan Dana Rp 16 Triliun

Kompas.com - 12/12/2018, 11:49 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tokopedia kembali mendapat kucuran dana segar. Marketplace online di Indonesia ini mendapat pendanaan dengan nilai total 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 16 triliun.

Pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

Menurut CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan teknologi serta infrastruktur perusahaan.

Tokopedia akan mengembangkan ekosistemnya menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) yang memberdayakan sektor perdagangan online dan offline dengan bekal teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan

"Ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia,” ungkap William melalui pernyataan resmi kepada KompasTekno, Rabu (12/12/2018).

Selain itu menurut William, Tokopedia akan terus fokus pada pasar Indonesia dan mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Senior Investor SoftBank Investment Advisers sekaligus Anggota Dewan Tokopedia, Lydia Jett mengatakan bahwa sejak didirikan, Tokopedia memang telah membantu ekosistem UMKM di Indonesia. Ditambah lagi tingkat adopsi internet di Indonesia dianggap tengah tumbuh pesat.

"Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya. Kami mendukung dan percaya kepada kekuatan entrepreneur lokal, dan melihat potensi pertumbuhan Tokopedia akan terus berkelanjutan," ungkap Lydia.

Baca juga: Dompet Digital Tokopedia Diganti, dari TokoCash Jadi Ovo

Senada dengan Lydia, Kenny Ho, Head of Investment Southeast Asia and India di Alibaba Group juga mengatakan hal serupa. Ia melihat adanya kesamaan misi antara Tokopedia dengan Alibaba.

"Kami melihat misi perusahaan kami - memudahkan untuk memulai dan membangun bisnis di mana saja. Tercermin dalam perjalanan Tokopedia,” kata Kenny.

Kabar kucuran dana ini sejatinya sudah tercium sejak akhir November lalu. Dengan masuknya investasi ini maka valuasi Tokopedia bisa mencapai sekitar 7 miliar dollar AS atau setara Rp 102 triliun.

Baca juga: CEO Tokopedia Akui 49 Barang Dicurangi Pegawai saat Flash Sale

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com